4 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Baking Soda

Kompas.com - 23/05/2020, 06:01 WIB
Ilustrasi muffin. ShutterstockIlustrasi muffin.


KOMPAS.com – Baking soda atau sodium bikarbonat adalah bahan pengembang dalam beragam sajian kue.

Baking soda adalah pengembang yang berbahan dasar alkalin. Baking soda membutuhkan bahan asam di dalam adonan untuk bisa bereaksi dan memproduksi gas karbondioksida yang akan mengembangkan kue.

Baca juga: 8 Hal Tampak Sepele tetapi Penting untuk Membuat Kue Kering Anti Gagal

Banyak resep yang membutuhkan baking soda sebagai bahan pengembang. Namun jika tak memiliki baking soda di dapur, kamu juga tetap bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini seperti dilansir dari Healthline, sebagai bahan pengganti baking soda.

Baking powder

Baking powder kerap disamakan dengan baking soda karena kemiripan nama mereka, fungsinya, serta penampakannya. Namun sebenarnya baking powder dan baking soda itu berbeda.

Baking powder adalah campuran dari baking soda dan elemen asam kering seperti cream of tartar atau sodium aluminum sulfat.

Ketika baking powder tercampur dengan cairan atau terkena panas, gas karbondioksida akan terbentuk yang menyebabkan adonan kue mengembang.

Baking powder bisa digunakan sebagai pengganti baking soda. Namun, baking powder bukan bahan pengembang sekuat baking soda.

Jadi, kuantitas baking powder yang dimasukkan perlu lebih banyak daripada baking soda untuk mendapatkan hasil yang sama.

Misalnya, 1 sendok teh baking soda bisa digantikan dengan 3 sendok teh baking powder. Namun, rasanya mungkin lebih asin dan lebih asam daripada menggunakan baking soda.

Maka sebaiknya kurangi kuantitas garam pada resep jika dibutuhkan untuk menghindari perubahan rasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X