Kompas.com - 14/08/2020, 11:48 WIB

KOMPAS.com - Mendekati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, biasanya ada upacara yang dilakukan di alam bebas, misalnya di gunung. Tak jarang para pendaki menantikan momen 17 Agustusan untuk mendaki gunung.

Namun, akibat pandemi Covid-19 yang belum usai, beberapa gunung hingga kini masih ditutup untuk pendakian. Para pendaki pun harus menunda dulu merasakan momen upacara 17-an yang biasanya dilakukan.

Lalu gunung mana saja yang masih tutup untuk pendakian di Indonesia? Berikut Kompas.com rangkum daftar gunung yang masih tutup akibat pandemi Covid-19:

1. Gunung Agung, Bali

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali masih ditutup untuk pendakian. Gunung berketinggian 3.142  meter di atas permukaan laut (mdpl) itu masih tutup sejak erupsi pada Mei 2019 lalu.

Matahari terbenam di Gunung Agung, Bali, dilihat dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (30/6/2011).KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYAT Matahari terbenam di Gunung Agung, Bali, dilihat dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (30/6/2011).

Penduduk dan pendaki dilarang mendekati radius 4 kilometer (km) dari puncak. Wabah pandemi Covid-19 juga menambah lama tutupnya pendakian Gunung Agung.

2. Gunung Andong, Jawa Tengah

Jalur pendakian Gunung Andong sudah ditutup sejak 15 Maret 2020 dan hingga kini belum dibuka kembali akibat pandemi Covid-19.

Puncak Gunung Andong yang ramai bagai pasar di akhir pekan. (10/03/2019).Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Gunung Andong yang ramai bagai pasar di akhir pekan. (10/03/2019).

Semua jalur pendakian gunung berketinggian 1.726 mdpl ini belum ada yang buka baik untuk warga lokal maupun umum.

3. Gunung Argopuro, Jawa Timur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.