Ini Makna Logo Baru KAI yang Diluncurkan Saat HUT Ke-75

Kompas.com - 05/10/2020, 14:02 WIB
Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dok PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero).

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengubah logonya pada Senin (28/9/2020) bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-75.

Berdasarkan informasi yang diunggah melalui akun Facebook resminya, Sabtu (3/10/2020), disebutkan bahwa perubahan logo dilakukan guna mengikuti perkembangan zaman dan agar tetap relevan.

Baca juga: 8 Langkah Pesan Tiket Kereta Api Via KAI Access

“Melalui logo baru ini, diharapkan memberikan spirit baru bagi Kereta Api Indonesia untuk mewujudkan visi berlandaskan pada nilai-nilai utama yang baru yaitu AKHLAK: Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” seperti yang tertera dalam unggahan tersebut.

Logo kelima PT KAI merupakan tulisan KAI berwarna biru tua dan oranye dengan sebuah garis pada huruf A.

Logo PT KAI.dok. Facebook KAI121 Logo PT KAI.

Garis pada huruf tersebut merupakan bentuk rel kereta yang digambarkan dengan garis menyambung ke atas pada huruf A.

Garis tersebut memiliki makna harapan PT KAI untuk terus maju dan menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik yang terintegrasi, terpercaya, bersinergi, dan kelak dapat menghubungkan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga: 7 Fakta tentang Kereta Istimewa, Kereta Api Terbaru dari PT. KAI

Sementara penggunaan italic pada huruf A menggambarkan karakter perusahaan yakni progresif, berpikiran terbuka, dan tepercaya.

Makna dibalik pemilihan warna

Huruf A pada logo baru PT KAI menggunakan warna oranye. Warna tersebut menunjukkan antusiasme, kreativitas, tekad, kesuksesan, dan kebahagiaan.

Sementara warna biru tua pada huruf K dan I dianggap menunjukkan stabilitas, profesionalisme, amanah, dan kepercayaan diri.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X