Kini, Ada Armada DAMRI ke Pantai Baron dan Gunung Api Purba Nglanggeran

Kompas.com - 22/10/2020, 16:05 WIB
Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, menyambut baik adanya armada DAMRI dari bandara YIA, Kulon Progo ke Pantai Baron, Kota Wonosari, dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Adanya armada dari bandara YIA ke tiga tempat itu diharapkan bisa mempermudah wisatawan untuk berkunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, meski sudah beroperasi sejak beberapa waktu, dirinya baru mendapatkan pemberitahuan dari Perum DAMRI mengenai masuknya armada ke sejumlah tempat wisata di Gunungkidul.

Merujuk surat yang masuk dari Perum DAMRI Yogyakarta, ada 8 unit armada yang beroperasi ke wilayah Gunungkidul. Untuk rute pertama dari Malioboro-Gunung Api Purba Nglanggeran- Wonosari- Pantai Baron. Rute kedua yakni Bandara YIA-Wonosari-Pantai Baron. 

Baca juga: Aturan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran, Catat Waktu Bukanya

Armada mulai beroperasi Kamis (15/10/2020). Hal ini merujuk surat dari DIrektur angkutan Jalan Nterkait Persiapan Penugasan Kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui subisidi Angkutan Umum di Kawasan Pariwisata.

"Harapannya dengan adanya angkutan umum ini baik dari YIA dan Malioboro bisa memudahkan akses wisata Ke Gunungkidul," kata Hary dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (22/10/2020).

Ia melanjutkan, selama ini para wisatawan jika tidak menggunakan kendaraan sendiri, harus menyewa karena tidak ada kendaraan umum yang masuk.

"Adanya angkutan umum yang langsung ke sejumlah obyek wisata itu juga bisa meningkatkan kualitas pariwisata. Artinya, menumbuhkan minat berwisata sekaligus berbelanja. Apalagi sebentar lagi ada libur panjang," sambung Hary.

Persiapan sambut libur panjang

Untuk libur panjang, Gunungkidul tengah bersiap menghadapi kemungkinan adanya lonjakan wisatawan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X