25 Tempat Wisata Alam Lampung yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 27/10/2020, 19:40 WIB
Pulau Pahawang, Lampung ShutterstockPulau Pahawang, Lampung

KOMPAS.comLampung memiliki banyak tempat wisata menarik, salah satunya wisata alam. Sebut saja pantai yang ciamik hingga air terjun memesona.

Kompas.com merangkum 25 tempat wisata alam di Lampung yang bisa jadi rekomendasi kamu saat berlibur di sana. 

1.  Way Kambas

Mahout di Elephant Response Unit melakukan monitoring pergerakan gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) liar di kawasan Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Minggu (30/7/2017). Gajah-gajah jinak milik Elephant Response Unit dilatih untuk digunakan mengatasi konflik gajah liar dengan warga di sekitar kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Mahout di Elephant Response Unit melakukan monitoring pergerakan gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) liar di kawasan Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Minggu (30/7/2017). Gajah-gajah jinak milik Elephant Response Unit dilatih untuk digunakan mengatasi konflik gajah liar dengan warga di sekitar kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas.

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasinional yang memiliki berbagai flora dan fauna. Lokasinya terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur.

Tempat ini juga menjadi lokasi pelatihan, perlindungan, dan konservasi Gajah Sumatera. Di sini pengunjung dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para gajah.

Way Kambas juga kerap dijadikan tempat penelitian satwa-satwa langka, baik dari peneliti nusantara maupun peneliti asing.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk pada hari biasa sebesar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal, sebesar Rp 150.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Kemudian pada hari libur sebesar Rp 7.000 per orang untuk wisatawan lokal, dan sebesar Rp 225.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Baca juga: Wisata Lampung Tak Hanya Way Kambas dan Teluk Kiluan

2.  Pulau Pahawang

Pulau Pahawang di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.WWW.HALOLAMPUNG.NET Pulau Pahawang di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pulau Pahawang menawarkan pesona bawah laut nan indah yang belum banyak diketahui. Lokasinya berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pulau dengan luas sebesar 1.084 hektar ini memiliki hutan mangrove, pantai pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang cantik.

Pulau ini sangat cocok untuk berenang di pantai, banana boat, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk pulau sebesar Rp 5.000 per orang, sewa perahu untuk snorkeling Rp 20.000 per perahu, sewa alat snorkeling Rp 50.000 per set, banana boat dan Rp30.000 per orang.

Menginap di Pulau Pahawang bisa dengan menyewa homestay dengan harga kisaran Rp 600.000 per rumah untuk 10–15 orang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Lampung, Cocok Dikunjungi saat Libur

3. Pulau Balak

Pulau BalakTribun Lampung/Dennish Prasetya Pulau Balak

Pulau Balak dengan pantai berpasir putih dengan suasana yang sepi merupakan salah satu pulau kecil di Teluk Pidada, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

Di pulau ini terasa sepi dan damai karena tidak berpenghuni, namun terdapat penjaga. Ada juga penginapan bila pengunjung ingin bermalam atau mendirikan tenda sendiri di pantai.

Serasa pulau pribadi, pengunjung bisa berenang di pantai, snorkeling, atau sekadar bersantai sambil menikmati camilan yang dibeli di warung sekitar atau membawanya dari rumah.

Untuk memasuki pulau ini tidak ada biaya masuk, namun biasanya pengunjung dapat membayar seikhlasnya kepada pengurus pulau.

Jika ingin ke pulau ini bisa dengan menaiki kapal kapasitas 15 orang dengan harga berkisar Rp 250.000, atau speedboat kapasitas 5-6 orang dengan harga berkisar Rp 300.000-Rp 400.000.

Baca juga: Ketika Tersihir Pulau Balak

4. Pantai Gigi Hiu

Pembawa acara Explore Indonesia, Kamga, berada di Pantai Gigi Hiu, Lampung.Dok. KOMPAS TV Pembawa acara Explore Indonesia, Kamga, berada di Pantai Gigi Hiu, Lampung.

Pantai Gigi Hiu merupakan destinasi populer di Lampung. Uniknya, pantai ini tidak terkenal karena pasir pantai, melainkan pemandangan batu karang.

Pantai Gigi Hiu ini terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Pantai dengan formasi batu karang tajam ini kian cantik lantaran adanya hempasan ombak air laut, sehingga cocok untuk berburu foto Instagramable.

Jika tidak ingin berburu foto, pengunjung bisa sekadar bersantai menikmati pesona matahari tenggelam ditemani dengan hembusan angin laut yang menyejukkan.

Untuk menikmati pesona pantai dengan batu karang indah ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Baca juga: Wisata ke Pantai Duta Wisata Lampung, Beli Ikan Segar dari Nelayan

5. Pantai Klara

Pantai Klara, LampungTribun Lampung/Heru Prasetyo Pantai Klara, Lampung

Pantai Klara merupakan singkatan dari Kelapa Rapat, karena memiliki pohon kelapa yang banyak.

Lokasinya terletak di Jalan Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pantai ini menawarkan air laut jernih, sehingga pengunjung dapat melihat dasar laut dengan hamparan pasir putih halus.

Ombak di pantai ini cenderung tenang, plus lautnya dangkal, sehingga cocok untuk anak-anak bermain dan berenang.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk individu, tapi kendaraan, yakni Rp 20.000 untuk motor dan Rp 60.000 untuk mobil.

Jika ingin menyewa gazebo, tarifnya sebesar Rp 25.000, kano Rp 15.000 per jam, dan perahu Rp 10.000 per orang.

Baca juga: Mengenal Kain Tapis, Tenun Lampung yang Sudah Membudaya Ratusan Tahun

6. Pantai Sari Ringgung

Hari ke dua Lebaran Idul Fitri, Objek wisata pantai sari ringgung mulai dipadati pengunjung dari wisatawan lokal maupun nasional, Kamis (6/6/2019). Tribunlampung.co.id/Deni Hari ke dua Lebaran Idul Fitri, Objek wisata pantai sari ringgung mulai dipadati pengunjung dari wisatawan lokal maupun nasional, Kamis (6/6/2019).

Pantai Sari Ringgung merupakan temoat wisata populer di Lampung dengan pantai yang indah dengan pasir putih, laut biru, dan bukit-bukit hijau.

Pantai ini terletak di Jalan Way Ratai KM.14, Desa Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Di Pantai ini, pengunjung dapat berenang, berfoto-foto ria dengan latar pemandangan yang indah, bersantai sambil berbaring dengan bantal di pinggir pantai, memainkan wahana seperti banana boat, speedboat, kano, dan jetski.

Objek menarik dari pantai ini terdapat masjid apung yang terbuat dari kayu dan pasir timbul di tengah lautan. Untuk mencapai ke sana, pengunjung dapat menaiki perahu dari pantai.

Ada juga fasilitas berupa toilet, mushola, area parkir, warung makan, toko souvenir, gazebo, bantal pantai, dan penginapan.

Pengujung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 25.000 per orang, parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

7. Pantai Duta Wisata

Pantai Duta Wisatatribunlampung.co.id/CR2 Pantai Duta Wisata

Pantai Duta Wisata dekat dengan pantai populer lainnya di Lampung, namun pantai ini jarang dikunjungi, sehingga pengunjung yang datang serasa pantai milik pribadi.

Pantai rasa milik pribadi ini terletak di Jalan Laksamana R.E. Martadinata, Teluk Betung Barat, Lampung.

Di pantai ini, pengunjung dapat berenang, memancing, sekadar bersantai menikmati pemandangan, atau bermain wahana permainan seperti banana boat, kano, sepeda air, dan jetski.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang, dan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Baca juga: Asyik, Bakauheni Bakal Jadi Tempat Wisata Baru di Lampung

8. Pantai Wartawan

Pantai Wartawanpariwisatalamsel Pantai Wartawan

Nama Pantai Wartawan yang unik berasal dariprofesi sang pengelola yang awalnya dikelola oleh warga lokal yang berprofesi sebagai penulis berita.

Pantai dengan pemandangan Anak Gunung Krakatau ini menjadi tujuan utama wisatawan yang datang.

Uniknya, ada sumber air panas di pantai ini dengan suhu mencapai 80 derajat. Tak jauh dari sumber air panas, terdapat Bukit Botak yang Instagramable, serta gua dan Makam Pendekar.

Pengunjung juga dapat berfoto-foto ria dengan panorama sunset nan indah di pantai ini atau sekadar menikmati pemandangan sambil menyantap makanan dan minuman.

Untuk memasuki pantai ini, pengunjung harus membayar tiket masuk ssebesar Rp 2.500 per orang, dan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X