7 Destinasi Ekowisata di Indonesia, Pas Dikunjungi Saat Pandemi

Kompas.com - 10/01/2021, 12:18 WIB
Kawah Ijen. Dok. HHWTKawah Ijen.

KOMPAS.com – Berkunjung ke destinasi ekowisata merupakan salah satu pilihan yang pas untuk dilakukan di masa pandemi. Untungnya, Indonesia punya banyak destinasi ekowisata.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekowisata adalah wisata berbasis alam yang menekankan pembelajaran lingkungan dan memastikan lingkungan tidak dirusak wisatawan atau kegiatan wisata.

Arti lainnya adalah, wisata yang dilaksanakan di hutan atau di mana saja dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai obyeknya. Ekowisata juga mengutamakan konservasi budaya, pemberdayaan sosial, dan ekonomi masyarakat lokal.

Baca juga: 5 Lokasi untuk Bisa Bercengkerama dengan Satwa Liar Nusantara

Selain itu, ekowisata tak hanya hutan dan gunung yang sulit dijangkau. Berikut ini 7 destinasi ekowisata yang ada di Indonesia:

1. Taman Nasional Komodo

Rumah para Komodo ini merupakan ekowisata paling populer di Indonesia. Tiga pulau terbesar di kawasan ini, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, adalah destinasi wisata Labuan Bajo yang wajib dikunjungi.

Ilustrasi komodoShutterstock Ilustrasi komodo

Selain melihat komodo, Anda pun bisa snorkeling, trekking, dan bermain di pantai-pantai cantik di dalam lingkungan taman nasional ini.

2. Tangkahan Ecotourism

Kerap disebut sebagai surga tersembunyi di Sumatera, ekowisata Tangkahan adalah rumah para gajah sumatera. Di kawasan ini, masyarakat lokal hidup berdampingan dengan mereka.

Baca juga: Way Kambas, Taman Nasional Tertua di Indonesia

Ketika berkunjung, Anda bisa menyusuri sungai dengan ban, naik perahu, hingga memandikan gajah-gajah yang lucu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X