Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Jarak Jauh dari Gambir dan Pasar Senen Gagal Berangkat, Tiket Bisa Dibatalkan

Kompas.com - 21/02/2021, 18:16 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seluruh keberangkatan Kereta Api (KA) Jarak Jauh pada Minggu (21/2/2021) dari area Daop 1 Jakarta, tepatnya Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dibatalkan akibat banjir.

Berdasarkan siaran pers yang Kompas.com terima, Minggu, PT KAI Daop 1 Jakarta memungkinkan para penumpang yang telah memesan tiket untuk membatalkan perjalanannya.

Adapun, pembatalan dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access atau loket pembatalan yang terdapat di dua stasiun tersebut. Penumpang juga tidak perlu khawatir karena pembatalan tiket akan dikembalikan 100 persen.

Baca juga: Perjalanan KA dari Daop 1 Jakarta Terhambat Akibat Banjir

Hingga pukul 13.00 WIB, tercatat bahwa ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55+100 sampai dengan KM 53+600 terendam banjir.

Adapun, genangan banjir mencapai ketinggian hingga 150 centimeter (CM). Selain membuat jalur rel tergenang, banjir juga mengali cukup deras dan membuat pondasi batu balas pada rel tergerus air.

Saat ini, tim prasarana KAI masih melakukan perbaikan secaa berkala. Salah satunya adalah dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air.

Baca juga: 9.834 Calon Penumpang KA Gunakan GeNose di Stasiun Pasar Senen

Sebelumnya menurut pemberitaan Kompas.com, Minggu, perjalanan KA Jarak Jauh yang dibatalkan hanya seluruh KA di Stasiun Pasar Senen dan KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung di Stasiun Gambir untuk waktu keberangkatan hingga pukul 12.00 WIB.

Guna memaksimalkan layanan, pengguna jasa yang tiba dari arah Jawa Tengah dan Jawa Timur ke arah Jakarta ditangani menggunakan bus secara gratis untuk perjalanan lanjutan.

Untuk perjalanan selanjutnya, paa penumpang dapat menggunakan KA hanya sampai Stasiun Cikampek, Stasiun Klari, dan Stasiun Karawang.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa mengakses aplikasi KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121 line (021)121, email cs@kai.id, serta media sosial @keretaapikita dan @kai121_.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com