Kompas.com - 21/02/2021, 10:42 WIB

KOMPAS.com – Cuaca buruk yang melanda area Daop 1 Jakarta menyebabkan hambatan dalam perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh.

Berdasarkan keterangan pers yang diberikan oleh PT KAI Daop 1 Jakarta, Minggu (21/2/2021), seluruh ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55+100 sampai dengan KM 54+500 terendam banjir.

Baca juga: 9.834 Calon Penumpang KA Gunakan GeNose di Stasiun Pasar Senen

Untuk sementara waktu, lokasi tersebut masih belum bisa dilalui. Adapun, banjir yang merendam sejumlah ruas jalur res merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai dari bendungan Kamojing, Pupukujang, dan Walahar.

Terhambatnya perjalanan KA Jarak Jauh menyebabkan adanya perubahan status perjalanan untuk waktu keberangkatan sampai dengan pukul 12.00 WIB yakni sebagai berikut:

Stasiun Pasar Senen

  • Seluruh KA dibatalkan

Stasiun Gambir

  • KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi dialihkan keberangkatannya dari Stasiun Cikampek
  • Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan dialihkan keberangkatannya dari Stasiun Cikampek
  • KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung dibatalkan

Adapun, kedua KA yang diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya.

Para penumpang diberangkatkan menggunakan bus menuju Stasiun Cikampek untuk melanjutkan perjalanan menggunakan KA.

Baca juga: Unik, Penginapan di Jateng Ini Bawa Tamunya Pakai Kereta Wisata

Sementara itu, keberangkatan KA pada siang nanti dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala.

Hingga berita ini naik, PT KAI Daop 1 Jakarta masih berupaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir. Baik dari sisi operasional KA, maupun penanganan prasarana jalur KA.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa mengakses aplikasi KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121 line (021)121, email cs@kai.id, serta media sosial @keretaapikita dan @kai121_.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.