Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2021, 12:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

 KOMPAS.com – Mau coba naik gondola di Dusun Girpasang sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kepala Desa Tegalmulyo bernama Sutarno mengatakan, hal paling utama yang wajib dilakukan oleh para pendatang adalah mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Resmi! Ada Gondola Baru untuk Wisatawan di Dusun Girpasang Klaten

“Kedua, karena orang kampung, pasti tidak terlepas dari sopan santun dan etika. Wisatawan harus jaga etika,” tuturnya, Selasa (13/4/2021).

Selain dua hal tersebut, terdapat sejumlah tips yang dapat diikuti oleh wisatawan sebelum berkunjung ke dusun di Desa Tegalmulyo, Kabupaten Klaten tersebut yakni sebagai berikut:

1. Persiapkan fisik

Dusun Girpasang letaknya sekitar empat kilometer dari puncak Gunung Merapi, dan cukup terisolasi dari dusun lain di Desa Tegalmulyo.

Untuk menuju ke sana, wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam sambil berolahraga bisa trekking melintasi jalur kecil menurun dan menanjak di lembah, sembari menorobos kawasan hutan.

Baca juga: 6 Tips Wisata ke Kedai Pojok di Kemalang, Klaten

Sutarno menyarankan agar pengunjung mempersiapkan fisik terlebih dahulu supaya tidak lelah. Sebab, mereka juga akan menuruni 1.001 tangga.

Apabila ingin berkunjung ke Goa Jepang, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 1,5 jam dari dusun tersebut.

Ganjar menuruni anak tangga menuju Dusun Girpasang.Dok. Pemprov Jateng Ganjar menuruni anak tangga menuju Dusun Girpasang.

2. Pakai sendal atau sepatu gunung

Wisatawan diimbau untuk menggunakan sendal atau sepatu gunung sebagai antisipasi jika melintasi jalur yang licin. Namun, sendal atau sepatu lain dengan sol karet juga bisa digunakan.

3. Bawa botol minum

Sutarno tidak menampik bahwa perjalanan menuju Dusun Girpasang mungkin akan melelahkan bagi wisatawan yang tidak terbiasa menempuh jalurnya. Maka dari itu, kata dia, mereka wajib membawa botol minum.

“Yang penting supaya enggak kehausan jangan sampai kelupaan bawa air minum. Karena kalau mau menyeberang ke Girpasang (dari Dusun Ngringin) butuh tenaga. Kondisi juga harus fit,” imbaunya.

Baca juga: Wisata Air di Klaten Tetap Buka meski Padusan Dilarang, Ini Aturannya

4. Beli makanan sebelum turun ke dusun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com