Kompas.com - 14/04/2021, 12:10 WIB
Warga menyeberang menggunakan gondola menuju Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020). Dusun Girpasang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya begitu terpencil dan terpisah dari desa lain oleh jurang cukup dalam. Untuk mencapai Girpasang juga bisa melewati jalan setapak di bibir jurang sedalam sekitar 150 meter. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWarga menyeberang menggunakan gondola menuju Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020). Dusun Girpasang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya begitu terpencil dan terpisah dari desa lain oleh jurang cukup dalam. Untuk mencapai Girpasang juga bisa melewati jalan setapak di bibir jurang sedalam sekitar 150 meter.

 KOMPAS.com – Mau coba naik gondola di Dusun Girpasang sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kepala Desa Tegalmulyo bernama Sutarno mengatakan, hal paling utama yang wajib dilakukan oleh para pendatang adalah mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Resmi! Ada Gondola Baru untuk Wisatawan di Dusun Girpasang Klaten

“Kedua, karena orang kampung, pasti tidak terlepas dari sopan santun dan etika. Wisatawan harus jaga etika,” tuturnya, Selasa (13/4/2021).

Selain dua hal tersebut, terdapat sejumlah tips yang dapat diikuti oleh wisatawan sebelum berkunjung ke dusun di Desa Tegalmulyo, Kabupaten Klaten tersebut yakni sebagai berikut:

1. Persiapkan fisik

Dusun Girpasang letaknya sekitar empat kilometer dari puncak Gunung Merapi, dan cukup terisolasi dari dusun lain di Desa Tegalmulyo.

Untuk menuju ke sana, wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam sambil berolahraga bisa trekking melintasi jalur kecil menurun dan menanjak di lembah, sembari menorobos kawasan hutan.

Baca juga: 6 Tips Wisata ke Kedai Pojok di Kemalang, Klaten

Sutarno menyarankan agar pengunjung mempersiapkan fisik terlebih dahulu supaya tidak lelah. Sebab, mereka juga akan menuruni 1.001 tangga.

Apabila ingin berkunjung ke Goa Jepang, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 1,5 jam dari dusun tersebut.

Ganjar menuruni anak tangga menuju Dusun Girpasang.Dok. Pemprov Jateng Ganjar menuruni anak tangga menuju Dusun Girpasang.

2. Pakai sendal atau sepatu gunung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X