Kompas.com - 29/07/2021, 07:33 WIB
Jam Gadang, salah satu ikon Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifJam Gadang, salah satu ikon Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

KOMPAS.com - Semua obyek wisata di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, ditutup hingga awal Agustus guna mencegah keramaian pengunjung. 

Adapun obyek wisata yang ditutup, antara lain Taman Jam Gadang, Taman Marga Satwa Bukittinggi Kinantan (TMSBK), dan Taman Panorama Lobang Jepang. 

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

"Kota Bukittinggi memasuki periode PPKM Level 3, (sehingga) obyek wisata belum dibuka untuk umum, hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri)," ujar Kepala Bagian Humas Pemkot Bukittinggi Yulman Yudhistira, Rabu (28/7/2021), dilansir dari Antara

Yulman menambahkan, obyek wisata di Kota Bukittinggi telah mengalami buka-tutup beberapa kali mengikuti rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sesuai dengan status kota tersebut.

Baca juga: Wisata Bukittinggi, Contek Itinerary 1 Hari Jelajah Ngarai Sianok

Sebagai informasi, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 mengatur tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019. 

Dalam aturan yang berlaku mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 ini, semua tempat wisata umum ditutup sementara hingga wilayah tersebut dinyatakan aman berdasarkan penetapan pemerintah daerah setempat. 

Tetap datang meski obyek wisata tutup

Replika Jam Gadang yang dijual di Pasar Ateh, Bukittinggi, Sumatera Barat. KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Replika Jam Gadang yang dijual di Pasar Ateh, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Salah seorang pengunjung bernama Wahyu mengatakan, ia mampir ke Kota Bukittinggi dari Kota Padang meski telah mengetahui tentang penutupan semua obyek wisata. 

Baca juga: Itinerary Wisata Padang-Bukittinggi 3 Hari 2 Malam, Indahnya Ranah Minang

"Saya sudah tahu bahwa obyek wisata di Bukittinggi tutup, saya hanya sedikit berbelanja di Pasar Atas dan juga penasaran dengan bagaimana lengangnya kota ini yang biasanya selalu ramai hingga malam hari," ujarnya.

Menurutnya, kota tersebut tetap menjadi tujuan wisata, terutama bagi pengunjung dari Kota Padang menuju Pekanbaru. 

Baca juga: Rindu Bukittinggi? Yuk Liburan ke 6 Tempat Wisatanya

Dilansir dari Kompas.com, Kota Bukittinggi memiliki beragam tempat wisata sejarah dan alam.

Salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan adalah Jam Gadang. Bangunan yang didirikan tahun 1926 ini memiliki tinggi 36 meter dan sering dijadikan latar foto oleh wisatawan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.