Kompas.com - 29/07/2021, 11:31 WIB

 

KOMPAS.com – Balai Taman Nasional (TN) Komodo akan membuka kembali kawasan wisata Gili Lawa mulai 1 Agustus 2021 dengan jam operasional setiap hari pukul 15.00-18.30 wita.

Melansir informasi dalam akun Instagram @btn_komodo, Kamis (29/7/2021), pembukaan Gili Lawa dilakukan untuk menghindari kerumunan di kawasan TN Komodo.

“Pembukaan ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di beberapa titik ODTWA. Wisatawan saat ini dapat berkunjung ke Loh Liang (Pulau Komodo), Padar Selatan (Pulau Padar), dan Gili Lawa,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahan.

Baca juga: Mengenal Gili Lawa Taman Nasional Komodo

Lebih lanjut, pembukaan tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Balai TN Komodo Nomor Sk.38/T.17/TU/REN/2/2021 tentang Protokol Kunjungan Wisata Alam di Gili Lawa Darat SPTN Wilayah II Balai TN Komodo.

Dalam pembukaan kegiatan wisata tersebut, TN Komodo akan membatasi kuota pengunjung sebesar 25 orang per hari dengan sistem registrasi daring lewat https://registration.labuanbajoflores.id/ atau WhatsApp +62811-2222-2542.

Baca juga: Gili Lawa Memesona Wisatawan Indonesia

“Kuota ini didapatkan berdasarkan kajian Tourism Carrying Capacity dan akan dievaluasi setiap dua minggu,” kata akun tersebut.

Kawasan wisata yang baru buka Juli 2021

Ilustrasi Nusa Tenggara Timur - Pulau Padar.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Nusa Tenggara Timur - Pulau Padar.

Sebelumnya, Balai TN Komodo lebih dulu membuka kembali Padar Selatan untuk kunjungan wisatawan pada 19 Juli lalu.

Mengutip Kompas.com, Kamis (22/7/2021), hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nandang Prihadi.

Baca juga: TN Komodo Buka Lagi, Jam Kunjungan Wisatawan ke Padar Selatan Dibatasi

Ketika dihubungi Kompas.com pada Rabu (21/7/2021), Nandang mengungkapkan bahwa pembukaan dilakukan dengan pembatasan jam kunjungan wisatawan.

“Selain batasi jumlah, ini juga membatasi waktu wisatawan di dalam. Tidak bisa lama-lama, kasihan kunjungan berikutnya,” jelas dia.

Baca juga: Tidak Cuma Komodo, Ini 7 Keindahan Pariwisata NTT

Pembukaan Padar Selatan juga dibarengi dengan pembatasan kuota kunjungan yakni hanya 300 wisatawan per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.