Kompas.com - 06/08/2021, 12:31 WIB
Tugu Monas, Landmark Kota Jakarta. Kompas.com/Nabilla RamadhianTugu Monas, Landmark Kota Jakarta.

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia melanjutkan PPKM Darurat Level 1 sampai 4 hingga 9 Agustus 2021 sejak diterapkan pada 3 Juli lalu.

Di Pulau Jawa dan Bali, khususnya Provinsi DKI Jakarta, seluruh wilayah di dalamnya masuk kriteria PPKM Level 4.

Hal ini tertera dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga: Itinerary Habiskan 1 Hari di Mal di Jakarta

Dalam aturan tersebut Selain itu, sejumlah toko masih diizinkan untuk dibuka dengan ketentuan bahwa mereka masuk dalam kategori esensial.

Apabila hendak membeli kebutuhan harian, saat ini sebanyak empat mal di Jakarta mewajibkan calon pengunjung untuk membawa dan menunjukkan karti vaksin Covid-19 lewat aplikasi PeduliLindungi.

Lebih lanjut, pihak mal juga menggunakan aplikasi tersebut untuk mempermudah mereka dalam menerapkan sistem check-in dan check-out para pengunjung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Survei: Wisatawan Kurang Taat Protokol Kesehatan Saat di Hotel dan Mal

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum tiga mal di Jakarta yang wajibkan pengunjung bawa kartu vaksin Covid-19, Jumat (6/8/2021):

1. Plaza Indonesia, Jakarta Pusat

Plaza Indonesia berlokasi di Jalan MH Thamrin No. Kav. 28-30, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan salah satu unggahan dalam akun Instagram @plazaindonesia, mereka mengumumkan bahwa seluruh calon pengunjung harus sudah divaksin minimal satu dosis.

Warga melintas di depan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia di Jakarta, Selasa (24/3/2020). Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Ellen Hidayat mengatakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di ruang publik, pusat perbelanjaan Plaza Indonesia akan tutup sementara mulai 25 Maret hingga 3 April 2020,  namun tidak berlaku untuk toko yang menjual kebutuhan pokok dengan jam operasional mulai pukul 11:00 - 17:00 WIB.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Warga melintas di depan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia di Jakarta, Selasa (24/3/2020). Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Ellen Hidayat mengatakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di ruang publik, pusat perbelanjaan Plaza Indonesia akan tutup sementara mulai 25 Maret hingga 3 April 2020, namun tidak berlaku untuk toko yang menjual kebutuhan pokok dengan jam operasional mulai pukul 11:00 - 17:00 WIB.

“Efektif tanggal 16 Agustus 2021, semua orang yang masuk Plaza Indonesia termasuk pengunjung, karyawan kami, staf outsourcing, staf toko, dan kontraktor, harus sudah divaksinasi minimal 1 kali dosis,” tulisnya.

Baca juga: Sebelum Pandemi, Mal di Jakarta Ini Jadi Tempat Turis Asing Beli Oleh-oleh

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.