8 Persiapan Mendaki Gunung Parang via Pasanggrahan di Purwakarta

Kompas.com - 14/09/2021, 13:16 WIB
Jalur pendakian Gunung Parang via Pesanggrahan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (13/6/2021). kompas.com / Nabilla RamadhianJalur pendakian Gunung Parang via Pesanggrahan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (13/6/2021).

KOMPAS.comGunung Parang berlokasi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Meski dikenal dengan jalur ferrata, gunung ini juga bisa didaki seperti gunung pada umumnya.

Kompas.com sempat mencoba jalur pendakian Gunung Parang via Pasanggrahan pada 13 Juni 2021 bersama sejumlah pendaki lainnya.

Jalur pendakian Gunung Parang ini berlokasi di Jalan Lingkar Gunung Parang Pasanggrahan, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru. Basecamp pendakian terletak tepat di sisi kiri Kantor Kepala Desa Pasanggrahan.

Baca juga:

Gunung Parang bisa didaki oleh pendaki pemula yang ingin mendaki tipis-tipis sebelum menjajal gunung-gunung lain. Hal itu karena ketinggian Gunung Parang hanya 963 meter dari permukaan laut (mdpl).

Namun, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan selain tips mendaki Gunung Parang. Misalnya adalah persiapan sebelum mendaki gunung tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut persiapan yang perlu dilakukan sebelum mendaki Gunung Parang, Senin (13/11/2021):

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Olahraga dari jauh hari

Sebelum berangkat menjelajahi atap-atap tertinggi Indonesia, seorang pendaki perlu mempersiapkan fisik dengan rutin olahraga dari jauh hari.

Salah satu olahraga yang Kompas.com rutin lakukan sejak dua bulan sebelum mendaki Gunung Parang adalah berenang dan jogging.

Jenis olahraga yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing asal mencakup peregangan otot atau pengaturan pernapasan. Misalnya adalah rajin push up, back up, dan sit up.

Baca juga:

2. Siapkan pakaian berbahan quick dry

Tidak dapat dipungkiri lagi, mendaki merupakan kegiatan olahraga yang akan membuatmu sangat berkeringat.

Untuk membuat badan terasa nyaman, siapkan pakaian berbahan quick dry agar keringat yang membasahi pakaian bisa cepat kering.

3. Siapkan peralatan mendaki yang mumpuni

Gunung Parang memiliki medan yang cukup menantang, derajat kemiringan jalurnya pun beragam. Jika diibaratkan, ada jalur yang membuat dengkul kaki hampir menyentuh dada saat Kompas.com melintasinya.

Tidak hanya itu, ada juga jalur yang sulit untuk dilewati tanpa alat tertentu. Sebelum mendaki Gunung Parang, siapkan peralatan pendakian seperti tali atau webbing.

4. Ajak teman atau pemandu yang sudah berpengalaman

Gunung Parang mungkin tidak banyak diketahui oleh sebagian pendaki. Agar tidak tersesat saat mendaki, kamu bisa mengajak teman atau pemandu gunung yang sudah berpengalaman.

Setidaknya, ajak orang yang familiar dengan Gunung Parang atau mengetahui cara navigasi di pegunungan dan memiliki kemampuan bertahan di alam liar (survival skill).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.