Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2021, 20:16 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Pemerintah Chile memutuskan untuk membuka kembali perbatasannya bagi wisatawan internasional mulai 1 Oktober 2021.

Melansir Lonely Planet, Kamis (16/9/2021), destinasi wisata ini hanya akan menerima wisatawan yang sudah divaksinasi Covid-19 lengkap. Meski demikian, tes Covid-19 dan kewajiban karantina masih diterapkan.

Calon pelancong wajib menunjukkan surat pernyataan tersumpah, hasil negatif Covid-19 yang sampelnya diambil tidak lebih dari 72 jam sebelum penerbangan dan karantina lima hari di akomodasi pilihan mereka.

Sementara itu, wisatawan yang belum divaksin, termasuk anak-anak masih belum diizinkan melancong ke Chile.

Baca juga:

Sertifikat vaksin divalidasi selama sebulan

Wisatawan internasional harus memiliki sertifikat vaksin Covid-19 yang sudah divalidasi oleh Kementerian Kesehatan Chile melalui https://mevacuno.gob.cl/ untuk mendapatkan izin mobilitas 30 hari.

Mengutip situs chile.travel, izin tersebut akan aktif secara otomatis setelah wisatawan menyelesaikan wajib karantina mereka.

Sekretaris Kesehatan Masyarakat Chile Paula Daza mengimbau agar calon wisatawan jangan melakukan pemesanan perjalanan dulu sebelum validasi sertifikat Covid-19 selesai.

Adapun, proses validasi membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Daza mengatakan hal tersebut agar wisatawan bisa menghindari potensi penjadwalan ulang penerbangan.

Untuk vaksin, saat ini Departemen Kesehatan Chile hanya menerima Moderna, Pfizer, Johnson & Johnson, AstraZeneca, Sinopharm, Sinovac, CanSino, dan Sputnik V.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com