Kompas.com - 28/09/2021, 19:15 WIB
Jajaran lokomotif uap masa lalu yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaJajaran lokomotif uap masa lalu yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa.

KOMPAS.com – Hari Kereta Api Nasional yang jatuh pada Selasa (28/9/2021) menandakan sudah 76 tahun Kereta Api Indonesia (KAI) melayani pelanggan di Nusantara.

Untuk memperingatinya, pihak PT KAI meluncurkan tiga layanan baru yang bisa dimanfaatkan oleh para penumpang yaitu waktu tempuh KA yang lebih cepat, akses WiFi gratis, dan layanan live cooking di atas KA.

Kendati demikian, jika belum sempat memesan tiket KA untuk menikmati tiga layanan baru itu, kamu tidak perlu khawatir.

Sebab, kamu bisa melakukan kegiatan wisata di sejumlah stasiun berikut untuk turut merayakan Hari Kereta Api Nasional. Berikut Kompas.com rangkum daftar stasiun kereta api yang juga menjadi tempat wisata:

Baca juga:

1. Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang

Museum Kereta Api Ambarawa berlokasi di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jam operasional terbarunya adalah setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Tempat wisata ini dulunya merupakan sebuah stasiun bernama Stasiun Willem I, dan dibangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Diresmikannya pada 21 Mei 1873.

Melansir situs resmi KAI, stasiun yang juga dikenal sebagai Stasiun Ambarawa merupakan tempat pemberhentian terakhir jalur KA Kedungjati-Ambarawa.

Pada 1976, stasiun ini dinonaktifkan untuk dijadikan sebagai Museum Kereta Api oleh Gubernur Jawa Tengah pada saat itu, Supardjo Rustam.

Adapun, alih fungsi stasiun menjadi museum merupakan upaya untuk menyelamatkan lokomotif uap. Stasiun Ambarawa juga dipilih karena memiliki latar belakang sejarah yang berkaitan dengan Pertempuran Ambarawa.

Jika berkunjung ke stasiun tersebut, wisatawan bisa melihat beragam koleksi perkeretaapian dari masa Hindia Belanda.

Ada juga kegiatan wisata seperti perjalanan dengan KA Wisata relasi Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono. Keduanya merupakan perjalanan pergi-pulang (PP).

Pemandangan dari atas kereta wisata di Museum Kereta Api Ambarawa, Jawa Tengah. Kereta api ini akan membawa anda menikmati lanskap kota Ambarawa dari stasium yang terletak di dalam museum menuju Stasiun Tuntang.KOMPAS.com/Kristian Erdianto Pemandangan dari atas kereta wisata di Museum Kereta Api Ambarawa, Jawa Tengah. Kereta api ini akan membawa anda menikmati lanskap kota Ambarawa dari stasium yang terletak di dalam museum menuju Stasiun Tuntang.

Mengutip Kompas.com, Senin (19/12/2016), rute Ambarawa-Tuntang menawarkan pemandangan gunung sembari kereta uap melintasi Rawa Pening.

Baca juga:

Sementara untuk rute Ambarawa-Bedono, wisatawan akan dibawa melintasi perbukitan sembari disuguhi pemandangan Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu.

Harga tiket masuk Museum KA Ambarawa adalah Rp 10.000 per orang untuk pengunjung berusia di atas 12 tahun.

Mengutip informasi dalam akun Instagram @kawisata, harga tiket naik kereta uap relasi Ambarawa-Tuntang terbaru per November 2020 adalah Rp 60.000 per orang.

Sementara untuk relasi Ambarawa-Bedono, kereta hanya bisa ditumpangi secara rombongan. Harga sewa kereta uap untuk perjalanan rombongan, dan informasi lain bisa langsung dilihat di situs resmi KAI yang sebelumnya disebutkan.

2. Stasiun Jakarta Kota, Kota Jakarta Barat

Stasiun Jakarta Kota merupakan salah satu stasiun di bawah PT KAI Daop 1 Jakarta yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata.

Stasiun terbesar di Indonesia ini berada dalam gedung yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda sehingga nuansa kuno dan historisnya masih terasa.

Wisatawan bisa berfoto di depan gedung Stasiun Jakarta Kota yang terlihat seperti bangunan khas Belanda, atau di dalam gedung dengan latar belakang kaca patri berbentuk setengah lingkaran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.