Kompas.com - 13/11/2021, 08:11 WIB
Pengunjung memadati kawasan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (29/12/2019). Jelang penghujung 2019, tempat wisata Monumen Nasional (Monas) ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTOPengunjung memadati kawasan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (29/12/2019). Jelang penghujung 2019, tempat wisata Monumen Nasional (Monas) ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

KOMPAS.com - Dinas Pariwisata DKI Jakarta mengumumkan ada 1.721 hotel, restoran, dan kafe yang sudah memperoleh sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata.

"Kami berharap upaya ini (dapat) mengembalikan kepercayaan turis baik domestik dan mancanegara," ujarnya, dikutip dari Antara, Jumat (12/11/2021).

Ia berharap, sertifikasi CHSE dapat mendorong pemulihan sektor pariwisata di provinsi tersebut yang kini sudah berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Pihaknya juga menyiapkan program wisata, salah satunya di kawasan Cikini dengan Jakarta Experience Board.

Menurut situs resminya, Jakarta Experience Board dulunya dikenal sebagai PT Jakarta Tourisindo, sebuah sub-holding company untuk wisata dan perhotelan di lingkungan pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga:

Sektor pariwisata di Jakarta terdampak pandemi Covid-19

Andhika menjelaskan bahwa sektor pariwisata di Jakarta terkena dampak pandemi Covid-19. 

Pada tahun 2020, total penerimaan pajak dari sektor hiburan, hotel, dan restoran di Jakarta turun sebanyak 53,4 persen, yakni dari Rp 6,24 triliun pada tahun 2019 menjadi Rp 2,9 triliun pada tahun 2020.

Pada tahun yang sama, total 7,1 juta wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke Jakarta. Jumlah tersebut mengalami penurunan 82 persen dari tahun 2019 yang sebanyak 40,8 juta orang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.