Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 20:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comTaman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menutup tiga tempat wisata alam non-pendakian mulai 29 November 2021 hingga 31 Maret 2022 karena cuaca buruk.

“Iya (benar ditutup karena cuaca buruk),” ujar Kepala Balai TNGR Dedy Asriady kepada Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Adapun tiga tempat wisata alam non-pendakian itu adalah Air Terjun Jeruk Manis di Desa Jeruk Manis, Kecamatan Sikur, dan Air Terjun Mayung Polak di Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur.

Kemudian Air Terjun Mangku Sakti via Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, dan via Desa Sambik Elen di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Penutupan tiga tempat wisata ini berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas I Mataram.

Baca juga:

Berdasarkan Surat Pengumuman TNGR Nomor PG.15/T.39/TU/KSA/11/2021, disebutkan bahwa sedang terjadi cuaca ekstrem yang berpotensi angin kencang, hujan lebat, dan banjir di Pulau Lombok.

Tidak hanya itu, surat tersebut mengatakan bahwa penutupan tiga tempat wisata alam juga dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem di kawasan TNGR.

Terkait penutupan Air Terjun Jeruk Manis, Air Terjun Mayung Polak, dan Air Terjun Mangku Sakti, pihak TNGR sudah menginformasikannya melalui akun Instagram @btn_gn_rinjani lewat sebuah unggahan pada Rabu (1/12/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com