Kompas.com - 07/12/2021, 18:15 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku wisata di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyambut baik keputusan pemerintah pusat untuk membatalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru). 

"Tentu kami bersyukur karena saat ini pariwisata di kawasan Dlingo sedang beranjak membaik," kata Ketua Koperasi Notowono yang mengelola sejumlah tempat wisata di Kapanewon Dlingo, Purwo Harsono, melalui sambungan telepon pada Selasa (7/12/2021).

Diakuinya selama masa pandemi dan mulai diperbolehkannya kawasan wisata untuk dikunjungi, jumlah pengunjung belum sepenuhnya pulih seperti sebelum pandemi Covid-19.

Namun demikian, hal itu tetap disyukurinya karena kawasan wisata sudah kembali beroperasi dengan protokol kesehatan penuh.

Baca juga:

"Sebelum pandemi dalam satu minggu kunjungannya mencapai 52.000, namun untuk saat ini (PPKM Level 2) sepekan baru mencapai 22.000 atau belum sepenuhnya pulih," ucap Purwo.

Ia menambahkan, meski ribuan orang setiap pekannya berkunjung, pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya pembatasan wisatawan hanya 50 persen dari kapasitas yang ada.

"Wisatawan juga wajib scan QR code aplikasi PeduliLindungi dan juga melakukan check out saat meninggalkan objek wisata," ujarnya. 

Pihaknya berharap, kunjungan wisatawan meningkat saat libur Natal dan tahun baru mendatang.

"Semoga ada peningkatan kunjungan," katanya.

Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo Mencoba Aplikasi PeduliLindungi di Pinus Sari, Mangunan, Dlingo, Kamis (16/9/2021)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo Mencoba Aplikasi PeduliLindungi di Pinus Sari, Mangunan, Dlingo, Kamis (16/9/2021)

Pemilik warung makan seafood Dardi Nugroho mengatakan hal yang sama. Ia pun akan menyiapkan stok ikan untuk menyambut libur Natal dan tahun baru.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.