Tak Hanya Gamelan, Ini 11 Warisan Budaya Tak Benda UNESCO dari Indonesia

Kompas.com - 17/12/2021, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Selain gamelan yang baru ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 15 Desember 2021, ada 11 budaya Indonesia lainnya telah lebih dulu ditetapkan.

Dilansir dari Kompas.com, keputusan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTB) ditetapkan dalam sidang UNESCO sesi ke-16 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, pada 15 Desember 2021 di Perancis.

Baca juga:

Gamelan diketahui telah diajukan ke UNESCO sejak 2019, menurut laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dan menjadi warisan budaya ke-12.

Ternyata, ada 11 warisan budaya tak benda Indonesia yang telah lebih dulu ditetapkan UNESCO. Ada apa saja? 

1. Wayang

Mengutip laman Kemdikbud, wayang telah dikenal sejak lama sebagai perwujudan gambar atau visual dari roh. Kemudian lama-lama menjadi seni pertunjukan hasil akulturasi budaya Jawa dengan India-Hindu.

Ilustrasi pagelaran wayang kulitKOMPAS.COM/M LATIEF Ilustrasi pagelaran wayang kulit

Sehingga banyak kisah masyarakat zaman dulu yang diangkat menjadi pertunjukan wayang, seperti Ramayana dan Mahabarata.

Pada 2003, wayang ditetapkan sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity dan pada tahun 2008 masuk dalam kategori Intangible Cultural Heritage of Humanity (Warisan budaya tak benda) UNESCO.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Kesenian Khas Bandung, Wayang Golek hingga Angklung

2. Keris

Keris termasuk jenis senjata tradisional berbahan besi yang banyak dipakai dalam upacara adat sebagai pusaka budaya. 

Keris Panunggul Naga milik Prabu Geusan Ulun yang merupakan raja Kerajaan Sumedang Larang.Museum Prabu Geusan Ulun Keris Panunggul Naga milik Prabu Geusan Ulun yang merupakan raja Kerajaan Sumedang Larang.

Bukti verbal keberadaan keris berasal dari abad IX Masehi pada masa Kerajaan Mataram Hindu, melansir laman Kemdikbud. Benda seni ini ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2008.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.