Kompas.com - 22/12/2021, 12:23 WIB
Ilustrasi kereta api Indonesia. KOMPAS.com/DANDY BAYU BRAMASTAIlustrasi kereta api Indonesia.

KOMPAS.com – Bepergian di tengah pandemi Covid-19 masih membuat sebagian orang khawatir, termasuk ketika naik kereta api di musim liburan.

Apalagi ketika varian virus Omicron muncul, tingkat kekawathiran juga semakin meningkat.

Penyedia layanan transportasi memang sudah memberlakukan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan virus. Namun, secara pribadi kita juga perlu menjaga diri dengan menerapkan protokol pencegahan.

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Saat Natal dan Tahun Baru, Wajib Bawa Kartu Vaksin

Tips mencegah penularan Covid-19 di kereta api

Berikut beberapa tips mencegah penularan Covid-19 di kereta api yang dapat kita terapkan, seperti dilansir Kompas.com dari Washington Post, Selasa (22/12/2021).

  • Mematuhi protokol kesehatan Covid-19

Menerapkan protokol kesehatan secara disiplin adalah salah satu cara mencegah penularan Covid-19 di kereta api.UNSPLASH/Tai's Capture Menerapkan protokol kesehatan secara disiplin adalah salah satu cara mencegah penularan Covid-19 di kereta api.

Meskipun sudah mendapatkan vaksin lengkap, jangan sampai penumpang kereta api mengabaikan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. 

Mematuhi prokes secara disiplin adalah hal penting pertama yang perlu diingat ketika mencari tips mencegah penularan Covid-19 di kereta api.

Pastikan selalu pakai masker atau masker ganda jika dibutuhkan, membaawa tisu desinfektan, cuci tangan atau memakai hand sanitizer setelah menyentuh benda, terutama saat akan makan. 

Selain itu, hindari untuk menyentuh permukaan benda-benda yang ada di dalam kereta.

Baca juga: Panduan Cetak Tiket Kereta Api Jarak Jauh untuk Boarding di Stasiun Gambir

  • Kemas makanan 

Membawa makanan bekal menjadi salah satu cara mencegah penularan Covid-19 di kereta api.Shutterstock/New Africa Membawa makanan bekal menjadi salah satu cara mencegah penularan Covid-19 di kereta api.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.