Kompas.com - 21/12/2021, 21:53 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melarang tempat wisata menggelar atraksi yang menimbulkan kerumunan selama libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Tempat wisata juga diimbau tidak memasang target kunjungan selama periode tersebut. 

"Destinasi wisata memang diizinkan beroperasional. Tapi hari ini saya luncurkan pengumuman kepada pengelola destinasi mulai 24 Desember (2021) hingga tanggal 2 Januari 2022, untuk sekalipun tetap beropesional dimohon tidak boleh menggelar kegiatan atraksi yang dimungkinkan terjadi kerumunan," kata Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo saat ditemui di Kompleks Parasamya Kabupaten Bantul, Selasa (21/12/2021) sore.

Saat disinggung mengenai target kunjungan wisatawan selama Nataru, Kwintarto mengaku tidak memasang target. 

Baca juga:

Kawasan Pinus Sari, Mangunan, Dlingo, BantulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Kawasan Pinus Sari, Mangunan, Dlingo, Bantul

Menurutnya, yang terpenting wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak ada kasus baru yang bermula dari kunjungan wisata.

"Saya tidak menargetkan. Karena apa? kondusif jauh lebih senang saya. Yang kita butuhkan adalah para wisatawan bisa menjaga kondusifitas di destinasi wisata," katanya. 

Dia mengaku khawatir, jika terjadi peningkatan kasus kembali, hal itu akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

"Kalau sampai tanggal 2 (Januari 2022) aman ke depan masyarakat, wisatawan lebih mudah untuk menyelenggarakan kegiatan pariwisata yang endingnya untuk kesejahteraan masyarakat," ucap dia.

Kwintarto sendiri tidak mempermasalahkan jika target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2021, yang sebesar Rp 14 miliar, tidak tercapai karena hingga kini baru terkumpul Rp 12,4 miliar.

"Kalau tercapai ya Alhamdulillah, kalau tidak pun yang penting aman, kalau saya seperti itu saja," ucap Kwintarto.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.