Kompas.com - 23/01/2022, 09:09 WIB

KOMPAS.com – Setiap maskapai penerbangan dari seluruh dunia pastinya memiliki pelayanan yang baik. Namun dari semuanya tetap saja ada yang paling baik di antara yang lain. 

Penghargaan untuk maskapai terbaik dari seluruh dunia selalu diadakan oleh World Airline Awards Skytrax, sejak tahun 1999. Penilaian dilakukan dengan meluncurkan survei kepusaan pelanggan untuk maskapai di seluruh dunia.

Kini yang terbaru, World Airline Awards kembali melakukan survei pada September 2019 hingga Juli 2022, jauh lebih lama dari sebelumnya, untuk menentukan mana maskapai terbaik di dunia

Baca juga: 5 Cara Menenangkan Bayi Saat Naik Pesawat Menurut Psikolog

Survei yang dilakukan juga tak terbatas pada maskapai yang sudah menjadi anggota, maupun yang telah dipilih sebelumnya. Semua maskapai dari seluruh dapat masuk daftar. 

Berikut ini adalah daftar 20 besar maskapai dengan kelas bisnis terbaik menurut World Airline Awards di 2021, dikutip dari situs resminya

1. Qatar Airways

Maskapai yang menempati urutan pertama adalah Qatar Airways, maskapai ini milik negara Qatar yang berkantor pusat di Doha.

Pesawat Qatar Airways yang membawa penumpang asing, lepas landas dari bandara Kabul, Afghanistan, pada 9 September 2021.AP PHOTO/BERNAT ARMANGUE Pesawat Qatar Airways yang membawa penumpang asing, lepas landas dari bandara Kabul, Afghanistan, pada 9 September 2021.

Sebagai maskapai yang cukup muda, Qatar Airways sudah melayani penerbangan di enam benua dan mendapatkan penilaian yang baik dari para pelanggannya. 

2. Singapore Airlines

Posisi kedua ditempati Singapore Airlines yang sudah sejak lama memang mendapatkan ulasan baik dari para pelanggannya.

Pesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013). SHUTTERSTOCK/RYAN FLETCHER Pesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013).

Maskapai dari Negeri Singa ini memiliki sejarah panjang dan sudah ada sejak tahun 1947. Awal berdiri namanya adalah Airspeed Consul Malayan Airways Limited (MAL). 

3. ANA All Nippon Airways

Maskapai penerbangan ini adalah yang terbesar di Jepang berdasarkan jumlah penumpang dan pendapatannya.

Ilustrasi pesawat terbang.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Ilustrasi pesawat terbang.

Kantor pusat ANA All Nippon Airways atau Zen Nihon Kyu Kabushiki Kaisha, terletak di Shiodome, Tokyo. 

Baca juga: Ini Usia Minimal Bayi yang Boleh Naik Pesawat Menurut Dokter

4. Emirates

Emirates adalah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai dan sudah berdiri dari tahun 1985. 

Pesawat Boeing 777-300ER milik maskapai penerbangan Emirates Airline di Bandara Internasional Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab, 15 Februari 2019.REUTERS/CHRISTOPHER PIKE via VOA INDONESIA Pesawat Boeing 777-300ER milik maskapai penerbangan Emirates Airline di Bandara Internasional Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab, 15 Februari 2019.

Meski sempat akan mengalami kebangkrutan, Emirates benar-benar berhasil bangkit dan kini berhasil menjadi maskapai terbaik nomor 5 dunia versi Skytrax. 

5. Eva Air

Eva Air adalah maskapai penerbangan swasta dari Taiwan yang didirikan pada tahun 1989.

EVA Air Boeing 777-300ERChad Slattery/Star Alliance EVA Air Boeing 777-300ER

Maskapai ini mengoperasikan layanan penumpang dan kargo khusus ke lebih dari 40 negara tujuan internasional di Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Utara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.