Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/09/2022, 18:48 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kaya akan destinasi wisata pantai yang terbentang di pesisir selatan.

Jajaran pantai di Yogyakarta menjadi favorit wisatawan karena tak hanya menyajikan air laut biru yang berkilau.

Para pelancong dapat menikmati pengalaman seru antara lain sandboarding, snorkeling, naik delman dan ATV di tepi pantai, menyantap makanan enak, serta selfie di tempat-tempat Instagramable.

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Ada sejumlah pantai yang sudah terkenal di kalangan wisatawan baik wisatawan asing, domestik maupun lokal. Berikut 15 wisata pantai terkenal di Yogyakarta yang Kompas.com himpun.

Wisata pantai terkenal di Yogyakarta

1. Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Parangtritis? Pantai ini sangat familiar di kalangan wisatawan.

Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, salah satu pantai terkenal di Yogyakarta.Shutterstock/Peter Gueth Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, salah satu pantai terkenal di Yogyakarta.

Mengutip Kompas.com, Rabu (12/01/2022), Pantai Parangtritis hanya berjarak sekitar 26 kilometer (km) dari Malioboro, dengan estimasi waktu tempuh sekitar 52 menit. Tepatnya di Kabupaten Bantul.

Baca juga: 5 Tempat Melihat Sunrise di Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Parangtritis dikeliling tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk. Wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman sepanjang pinggiran pantai.

2. Pantai Parangkusumo

Tak jauh dari Pantai Parangtritis, ada Pantai Parangkusumo. Pantai ini tidak asing lagi di telinga para wisawatan.

Wisatawan sandboarding di Pantai Parangkusumo, salah satu pantai terkenal di Yogyakarta.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Wisatawan sandboarding di Pantai Parangkusumo, salah satu pantai terkenal di Yogyakarta.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Parangkusumo merupakan salah satu pantai di kawasan Parangtritis yang dipandang keramat.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa Pantai Parangkusumo sebagai gerbang utama menuju keraton gaib laut selatan yang merupkaan kerajaan Ratu Laut Kidul penguasa Laut Selatan.

Karenanya, Pantai Parangkusumo kerap dijadikan sebagai lokasi upacara tradisional labuhan yakni melarung barang persembahan alias uba rampe ke laut.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta untuk Liburan Murah

Pantai Parangkusumo ini dikelilingi gumuk pasir yang hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam. Sekitar 700 meter dari pantai, pengunjung akan menemui Gumuk Pasir Parangkusumo.

Di bukit pasir ini pengunjung bisa mencoba olahraga sandboarding dengan merogoh kocek Rp 50.000-Rp 200.000 untuk menyewa papan luncur lengkap dengan helm dan pelindung siku.

3. Pantai Depok

Lokasi Pantai Depok sekitar 1,5 km dari Pantai Parangtritis. Pantai ini terkenal sebagai tempat makan seafood karena lokasinya berdekatan dengan tempat perlelangan ikan.

Ilustrasi Pantai Depok, Bantul, salah satu pantai terkenal di Yogyakarta.SHUTTERSTOCK/HARYANTA.P Ilustrasi Pantai Depok, Bantul, salah satu pantai terkenal di Yogyakarta.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Depok dipenuhi warung makan seafood dengan nuansa tradisional berupa lesehan menggunakan tikar dan meja-meja kecil. Meski sederhana, warung makan tampak bersih dan nyaman.

Seafood di Pantai Depok terasa lezat dan segar karena diambil langsung dari nelayan yang bersandar di pantai tersebut. Harganya pun cenderung terjangkau.

Baca juga: 7 Wisata Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Sembari menyantap seafood yang lezat, wisatawan bisa menikamti pemandangan gumuk pasir sepanjang Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com