Kompas.com - 17/02/2022, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk mempersingkat masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang masuk ke negaranya, dari tujuh hari menjadi tiga hari.

Pengurangan lama karantina ini merupakan bagian dari pelonggaran kontrol perbatasan akibat Covid-19, seperti dilaporkan Pemerintah Jepang, Rabu (16/2/2022).

Mulai Maret 2022, pemerintah Negeri Sakura juga berencana menaikkan batas jumlah pendatang dari yang sebelumnya 3.500 orang menjadi 5.000 per hari. 

Baca juga: 

Sehingga, warga negara asing (WNA) dengan tujuan bukan wisata bisa masuk ke Jepang dalam batas jumlah tersebut. 

"Lonjakan infeksi virus Corona di Jepang kemungkinan (telah) memuncak pada awal Februari, meskipun kehati-hatian masih diperlukan," ujar Kepala Penasihat Covid-19 untuk Kementerian Kesehatan, Takaji Wakita, dikutip dari Kyodo News, Kamis (17/2/2022).

Ilustrasi Jepang - Tokyo Tower.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Jepang - Tokyo Tower.

Sebagai informasi, aturan perbatasan Jepang sebelumnya mendapat kritik baik dari perusahaan maupun para pelajar karena dianggap terlalu ketat.

Hal tersebut karena terdapat larangan masuk bagi WNA yang bukan penduduk, yang diberlakukan sejak akhir November hingga akhir Februari.

Sekitar 150.000 pelajar asing yang memegang visa Jepang tidak dapat memasuki negara tersebut pada akhir tahun lalu, akibat pembatasan Covid-19.

Sejak saat itu, hanya segelintir WNA yang diizinkan masuk sebagai pengecualian.

Baca juga: 6 Fakta Gunung Fuji, Ikon Jepang yang Ternyata Pernah Meletus

Halaman:
Sumber Kyodo News


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.