Kompas.com - 06/03/2022, 13:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sedang terjadi konflik antara Rusia dan Ukraina, Indonesia tetap membuka kesempatan bagi wisatawan asal kedua negara tersebut untuk berkunjung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya memberikan peluang wisatawan asal Rusia dan Ukraina untuk berwisata karena dianggap sebagai pasar yang potensial.

"Kita terus membuka peluang bagi wisatawan dari Rusia dan Ukraina untuk berwisata di Indonesia," kata Sandiaga saat Weekly Press Briefing, melansir Kompas.com, Minggu (06/03/2022).

Baca juga:

Menurutnya, kedua negara tersebut menjadi salah satu penyumbang devisa tertinggi, terutama dari sisi durasi kunjungan dan pengeluaran belanja yang besar.

"Rusia dan Ukraina merupakan pasar (pariwisata) yang sangat potensial dan sebetulnya kami juga menggarap pasar Rusia dan Ukraina karena potensi selama ini terkait dengan permintaan untuk berlibur di Bali, baik dari segi lama tinggal maupun kualitas belanjanya, memiliki prospek yang sangat baik,” ujar dia.

Sandiaga menambahkan, adanya perang antara Rusia dan Ukraina saat ini diharapkan tidak memengaruhi potensi pemulihan pariwisata di tanah air.

Baca juga:

Meski konflik yang terjadi tentu akan memengaruhi jadwal maupun kepastian dan keamanan para wisatawan, Menparekraf mengatakan pihaknya akan terus melakukan koordinasi.

"Kami terus berkoordinasi dan saya juga tadi masih berbalas pesan dengan rekan–rekan yang sedang mengurus penerbangan langsung dari Moskow ke Bali,” jelas mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Sandiaga, pasar wisatawan Rusia dan Ukraina memiliki potensi besar dari sisi pengeluaran dan dapat terus bertumbuh setiap tahunnya.

Baca juga: Kyiv atau Kiev? Ini Penulisan Nama Ibu Kota Ukraina dan Penjelasannya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.