Kompas.com - 24/03/2022, 11:32 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Presidensi G20 Indonesia dinilai dapat berdampak positif dan luas bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai rantai pasok dari kegiatan pada sektor Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Hal itu diungkapkan oleh Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Rabu (23/03/2022).

Baca juga:

 Untuk itu, badan di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu memastikan kesiapan rantai pasok dan pasokan untuk bidang usaha 30 subsektor Parekraf di wilayah dalam rangka mendukung dan menyukseskan event G20.

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina dalam keterangannya mengungkapkan adanya permintaan pemenuhan rantai pasok sektor Parekraf yang meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

Ini terutama terjadi saat dimulainya rangkaian acara forum G20, di mana Labuan Bajo menjadi salah satu wilayah penyangga dan lokasi beberapa acara termasuk side event.

“Kami berupaya memastikan supply terutama produk UMKM bisa memenuhi demand yang ada dengan kualitas, kapasitas, dan manajemen yang terjaga dengan baik,” kata Shana kepada Kompas.com, di Labuan Bajo, Rabu siang.

Baca juga:

Ia mengatakan, ada 13 bidang usaha pariwisata dan 17 subsektor ekonomi kreatif yang berpotensi menjadi rantai pasok sektor Parekraf.

13 bidang usaha pariwisata yang dimaksud mencakup daya tarik wisata, kawasan pariwisata, jasa transportasi wisata, jasa perjalanan wisata, jasa makanan dan minuman, penyediaan akomodasi, penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi, MICE, jasa informasi pariwisata, jasa konsultan pariwisata, jasa pramuwisata, wisata tirta, dan spa.

Sementara 17 subsektor ekraf berpotensi rantai pasok mencakup game, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen, kuliner, film (termasuk animasi dan video), foto, desaim komunikasi visual, televisi dan radio, periklanan, kriya, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi.

Baca juga:

Hingga kini, terdapat 250 lebih UMKM ekraf yang terdaftar dan 263 TA/TO (travel agent/tour operator) yang siap mendukung perhelatan G20 di Labuan Bajo.

“Kami merancang konsep khusus untuk memastikan rantai pasok berjalan baik dengan membentuk ekosistem Creative Hub Floratama,” ungkapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.