Kompas.com - 02/05/2022, 05:58 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat yang merayakan Idul Fitri 1443 H di DKI Jakarta dapat menikmati sejumlah pertunjukan seni. Menariknya, pertunjukkan tersebut bisa disaksikan secara gratis alias tidak dipungut biaya. 

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Helma Dahlia mengatakan bahwa pertunjukan seni tersebut digelar di beberapa ruang publik Ibu Kota.

“Untuk dapat menikmati atraksi ruang publik tidak membayar tiket atau gratis,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (1/5/2022). 

Berdasarkan dokumen Lebaran di Jakarta dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, terdapat lima pertunjukan seni selama libur Lebaran 2022

Meliputi, musik rebana dan tari Betawi, pertunjukan musik tradisional, dan kesenian lenong. Kelima pertunjukkan seni tersebut digelar di sejumlah lokasi, antara lain Jakarta International Stadium, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Tebet Eco Park.  

Adapun pertunjukan di Jakarta International Stadium sudah diadakan pada Minggu (1/5/2022).

Khusus pertunjukkan seni di TMII, Helma menuturkan, masyarakat hanya perlu membayar tiket masuk. Selebihnya, tidak dipungut biaya untuk menonton pertunjukan seni.   

“Hanya saja untuk lokasi yang berada di anjungan TMII perlu membayar tiket masuk TMII,” imbuhnya. 

Baca juga:

Jadwal empat pertunjukan seni gratis di Jakarta

Spot foto di Tebet Eco Park, Jakarta SelatanKOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Spot foto di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan

Berikut jadwal empat pertunjukan seni dan lokasinya sebagaimana dikutip dari dokumen Lebaran di Jakarta dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. 

1. Musik rebana dan tari Betawi 

Pertunjukkan seni khas Betawi ini akan digelar pada Sabtu (7/5/2022). Lokasinya bertempat di Anjungan Provinsi DKI Jakarta, TMII, Jakarta Timur.

Jadwal pertunjukan seni tersebut adalah 10.00 WIB-12.00 WIB.

2. Pertunjukan musik 

Atraksi seni ini akan menampilkan pertunjukkan musik dari Bale Keroncong. Rencananya, pertunjukkan seni itu akan digelar pada Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022) pada pukul 15.00 WIB-18.00 WIB. 

Lokasinya bertempat di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan. 

3. Gambang Kromong 

Pertunjukan alat musik tradisional ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu (8/5/2022) pada pukul 10.00 WIB-12.00 WIB. Lokasinya bertempat di anjungan Provinsi DKI Jakarta, TMII, Jakarta Timur.

4. Kesenian Lenong 

Kesenian Lenong rencananya akan digelar pada Minggu (8/5/2022) pukul 13.00 WIB-15.00 WIB. Lokasinya bertempat di Anjungan Provinsi DKI Jakarta, TMII, Jakarta Timur.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.