Kompas.com - 06/05/2022, 17:05 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Goa Pindul jadi salah satu pilihan tempat wisata yang dipadati pengunjung saat libur Lebaran 2022.

Adapun Goa Pindul terletak di Kelurahan Bejiharjo, Kapanewon atau Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selama libur lebaran, sekitar 1.000 orang berkunjung ke lokasi wisata yang sempat booming beberapa tahun lalu ini.

Baca juga: Libur Lebaran, Kunjungan Wisata ke Gunungkidul Membeludak

"Pas libur Lebaran, rata-rata setiap harinya ada 1.000 pengunjung yang datang ke Pindul,"kata Direktur Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMKal) Maju Mandiri di Kalurahan Bejiharjo, Saryanto kepada Kompas.com, Jumat (6/5/2022)

Dijelaskannya, pengunjung meningkat untuk susur Goa Pindul sejak Sabtu (30/4/2022) dan terus meningkat seiring memasuki libur setelah Perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Untuk kapasitas kunjungan per hari mencapai 3.000 orang. Dengan kunjungan Lebaran mencapai 1.000 orang, per hari atau mencapai 30 persen dari kapasitas normal, sudah sangat bagus karena memang ekonomi belum sepenuhnya pulih," kata dia.

Tarif susur Goa Pindul adalah Rp 40.000 ditambah retribusi masuk kawasan wisata Bejiharjo sebesar Rp 10.000 per orang.

Baca juga: 13 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Libur Lebaran

"Selain Goa Pindul, kunjungan yang ramai rafting sungai oya," ujar Saryanto.

Kunjungan wisata ke Gunungkidul meningkat

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian mengatakan, terjadi peningkatan kunjungan wisata ke destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul saat lbur lebaran.

Goa Pindul, Gunung KidulShutterstock Goa Pindul, Gunung Kidul

Pihaknya menargetkan kunjungan sebanyak 154.403 orang dan dengan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi tiket masuk wisata sebesar Rp1,2 miliar.

Arif optimistis target bisa dilampaui, karena hingga H+2 Lebaran sudah ada pengunjung sebanyak 80.338 orang.

Baca juga: Gunung Gambar di Gunungkidul, Petilasan Pangeran Sambernyawa

"Ada tempat wisata selain pantai, seperti Goa Pindul atau di kawasan utara ada Embung Nglanggeran atau Batara Sriten, tapi jumlah yang datang tidak sebanyak yang ke pantai," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.