Kompas.com - 10/05/2022, 06:02 WIB
. PEXELS/George Dolgikh .

KOMPAS.com - Mother's Day atau Hari Ibu Sedunia dirayakan pada 8 Mei setiap tahunnya. Peringatan Hari Ibu Sedunia berbeda dengan perayaan Hari Ibu di Indonesia yang jatuh pada 22 Desember setiap tahunnya. 

Namun demikian, ternyata sejumlah negara juga memperingati Hari Ibu pada tanggal yang berbeda-beda. Lalu, kenapa tanggal peringatan Hari Ibu berbeda-beda di beberapa negara? 

Berikut penjelasannya, seperti dihimpun oleh Kompas.com

Baca juga: Korea Selatan Rayakan Hari Orangtua pada 8 Mei, Apa Itu?

Hari Ibu Sedunia

Sebelum mencari penyebab perbedaan tanggal perayaan Hari Ibu di beberapa negara, sebaiknya kita memahami lebih dulu sejarah singkat dari mother’s day atau Hari Ibu Sedunia.

Mengutip dari Britannica, Hari Ibu Sedunia dipelopori oleh seorang perempuan bernama Anna Jarvis dari Philadelphia, AS. Ibu Jarvis semasa hidupanya mengorganisasi kelompok-kelompok wanita untuk mempromosikan persahabatan dan kesehatan. 

Baca juga: 12 Tradisi Hari Ibu dari Berbagai Negara, Ada yang Pergi ke Kuburan

Setelah ibunya meninggal, Jarvis mengadakan upacara peringatan mending sang ibu di gereja di Grafton, Virginia Barat. Dalam lima tahun, hampir setiap negara bagian merayakan hari itu. 

Kemudian, pada 1914 Presiden AS kala itu, Woodrow Wilson menjadikannya sebagai hari nasional.

Sumber lainnya dari situs Time and Date mengungkapkan bahwa Hari Ibu Sedunia digagas oleh perempuan bernama Julia Ward Howe. Sekitar 1870, ia menyerukan peringatan Hari Ibu setiap tahun. 

Tradisi itu berlangsung selama 10 tahun semasa hidupnya. Sumber lainnya menyatakan bahwa peringatan hari ibu internasional dicetuskan oleh Juliet Calhoun Blakely. 

Ia memprakarsai peringatan hari ibu di Albion, Michigan, pada akhir 1800-an. Putra-putranya memberikan penghormatan kepada mendiang Blakely setiap tahun dan mendesak orang lain untuk menghormati ibu mereka.

Baca juga:

ilustrasi Hari Ibu oleh Andrea Piacquadio.Pexels.com ilustrasi Hari Ibu oleh Andrea Piacquadio.

Peringatan Hari Ibu di sejumlah negara

Tak hanya AS, sejumlah negara di dunia juga memperingati Hari Ibu. Namun, tanggal perayaan Hari Ibu berbeda-beda setiap negara. 

Mengutip Mirror, Hari Ibu bukanlah hari libur internasional sehingga masing-masing negara dapat memilih waktu perayaannya masing-masing. Sejumlah negara menentukan berdasarkan tanggal, namun sebagian negara lainnya menentukan berdasarkan hari. 

Misalnya, Inggris Raya yang menetapkan Hari Ibu jatuh pada Mothering Sunday yang berlangsung pada hari Minggu keempat dalam perayaan pra paskah. Lebih tepatnya, tiga pekan sebelum Minggu Paskah.

Jadi untuk 2022 ini, Hari Ibu di Inggris jatuh pada 27 Maret 2022. Tentunya, tanggal perayaan Hari Ibu pada 2023 di Inggris akan kembali berbeda.

Berikut beberapa tanggal perayaan Hari Ibu di sejumlah negara, seperti dikutip Kompas.com dari Mirror dan The Sun. 

1. Norwegia pada 13 Februari

2. Inggris Raya pada minggu ketiga sebelum Minggu Paskah 

3. Negara di Timur Tengah (Bahrain, Irak, Arab Saudi, dan lainnya) pada 21 Maret

4. Hungaria, Spanyol, Portugal dan Rumania pada 1 Mei 

5. AS, Korea Selatan, China, Finlandia, Afrika Selatan, Jerman, Australia, Yunani, Italia, Swiss, dan Belanda pada 8 Mei 

6. Polandia pada 26 Mei 

7. Prancis pada 29 Mei 

8. Rusia pada minggu terakhir November

9. Indonesia pada 22 Desember 

10 Israel pada 22 Mei 

Baca juga: April Mop: Sejarah dan Kisah-kisah Unik di Baliknya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.