Kompas.com - 26/05/2022, 19:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum di Tengah Kebun mungkin tepat bila dikatakan sebagai hidden gem di ibu kota yang sibuk. Keberadaannya seperti tersembunyi dari keramaian kota Jakarta.

Berlokasi di Jalan Kemang Timur Nomor 66, Jakarta Selatan, museum koleksi pribadi ini bisa dijadikan sebagai tempat menambah wawasan budaya sekaligus bersantai.

Pasalnya, tak hanya disuguhi ribuan koleksi benda-benda antik menawan, pengunjung juga bisa menikmati kebun luas yang indah, sesuai namanya yakni Museum di Tengah Kebun.

Baca juga: Menjelajahi Museum di Tengah Kebun, Lihat Koleksi Kuno Ratusan Tahun

Jika sudah tak sabar ingin berkunjung, sebaiknya ketahui dulu beberapa panduan berikut ini.

1. Membuat reservasi minimal H-2 kunjungan

Berbeda dari museum pada umumnya, pengunjung harus membuat reservasi minimal dua hari sebelum kunjungan, jika ingin ke Museum di Tengah Kebun.

Caranya yaitu mengisi formulir online yang ada di media sosial Instagram museum dan memasukkan data diri yang diperlukan. Di antaranya waktu dan tanggal kunjungan, jumlah pengunjung, penanggung jawab rombongan, dan nomor telepon. 

Tulisan penanda Museum di tengah Kebun yang berada di Jalan Kemang Timur No 66, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Tulisan penanda Museum di tengah Kebun yang berada di Jalan Kemang Timur No 66, Jakarta Selatan.

Artinya, satu orang bisa sekaligus memesan untuk beberapa orang, jika berada dalam satu kelompok yang sama. 

Setelah melakukan registrasi, guide (pemandu) museum akan melakukan follow-up ke pengunjung minimal dua hari sebelum kunjungan. Jika ada perubahan jadwal, kamu bisa segera memberitahu pemandu yang bersangkutan minimal H-1.

Baca juga: Gedung Mohammad Hoesni Thamrin, Museum di Tengah Ramainya Salemba

2. Waktu operasional 

Untuk diketahui, Museum di Tengah Kebun hanya buka pada Sabtu dan Minggu saja. Senin sampai Jumat museum ini tidak buka, meski ada hari libur nasional maupun hari besar keagamaan.

Lalu, jam operasional museum adalah sebagai berikut:

  • Sesi Pagi: Pukul 9.30 - 11.30 WIB
  • Sesi Siang: Pukul 12.30 - 14.30 WIB

Waktu kunjungan bisa kamu pilih saat mengisi formulir online untuk registrasi. 

Baca juga: 10 Museum Paling Terkenal di Dunia, Dikunjungi Hingga 2,82 Juta Orang 

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.