Kompas.com - 05/06/2022, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Memberi ucapan Galungan bisa kita sampaikan pada kerabat yang merayakan hari suci tersebut, baik secara langsung maupun melalui teks dan kartu ucapan.

Adapun umat Hindu akan merayakan puncak Hari Suci Galungan pada Rabu (08/06/2022) mendatang. Hari suci umat ini diperingati setiap 210 hari sekali menurut perhitungan penanggalan pawukon, atau penanggalan tradisional Indonesia. 

Baca juga: Apakah Hari Suci Galungan Termasuk Libur Nasional, Ini Jawabannya

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat dalam situsnya menjelaskan, Hari Raya Galungan bermakna memperingati kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan) dalam hal ini hawa nafsu. 

“Hari Raya Galungan mempunyai makna memperingati kemenangan dharma melawan adharma, secara rohani manusia mengendalikan hawa nafsu yang sifatnya mengganggu ketentraman batin,” tulis PHDI dalam situsnya. 

Hari Suci Galungan terdiri dari sejumlah rangkaian kegiatan yang memiliki makna masing-masing. Mulai dari Tumpek Wariga, Sugihan Jawa, Sugihan Bali, Hari Penyekeban, Hari Penyajan, Hari Penampahan, puncak Hari Suci Galungan, dan Hari Umanis Galungan. 

Selain tradisi tersebut, umat Hindu pada umumnya berkirim ucapan selamat kepada sanak saudara pada Hari Suci Galungan. 

Baca juga:

Mengutip Kompas.com (14/04/2021), Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana I Gede Pitana mengatakan bahwa ucapan yang tepat untuk disampaikan adalah Selamat Hari Suci Galungan. Makna ucapan tersebut adalah saling mendoakan agar mendapat perlindungan dari Tuhan dan leluhur. 

“Jadi, perlindungan leluhur itu sangat penting di Bali. Dan kalau kita lihat, pura-pura di Bali sebagian besar untuk leluhur, bukan untuk Tuhan. Itu makna sesungguhnya,” tutur dia,

Berikut 20 ucapan Hari Suci Galungan yang dihimpun dari Kompas.com dan Tribun Bali

Baca juga:

Ucapan Selamat Galungan dalam Bahasa Indonesia

Umat Hindu bersembahyang saat Hari Raya Galungan di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021). Hari raya Galungan merupakan Hari Raya Suci Agama Hindu yang jatuh setiap 6 bulan sekali, persembahyangan hari raya galungan disalah satu pura terbesar di Jakarta ini tetap berjalan dengan khidmat dengan protokol kesehatan yang ketat.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Umat Hindu bersembahyang saat Hari Raya Galungan di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021). Hari raya Galungan merupakan Hari Raya Suci Agama Hindu yang jatuh setiap 6 bulan sekali, persembahyangan hari raya galungan disalah satu pura terbesar di Jakarta ini tetap berjalan dengan khidmat dengan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut beberapa ucapan selamat Hari Suci Galungan yang dapat disampaikan:

1. Selamat merayakan Hari Suci Galungan, semoga dharma menang atas adharma. 

2. Selamat Hari Suci Galungan, semoga Tuhan dan para leluhur selalu memberikan anugerah kepada kita semua.

3. Selamat Hari Suci Galungan, semoga makna kemenangan dharma atas adharma dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Selamat Hari Suci Galungan. Semoga kita bisa menemukan kerahayuan atas berkat Ida Sang Hyang Widhi Wasa. 

5. Selamat Hari Suci Galungan kepada kita semua khususnya umat Hindu di manapun kita berada. 

6. Selamat memperingati Hari Suci Galungan. Di hari yang penuh dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat, agar bumi jauh dari mara bencana. 

7. Selamat Hari Suci Galungan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini. 

8. Selamat Hari Suci Galungan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua makhluk hidup. 

9. Selamat menyambut Hari Suci Galungan untuk umat Hindu di seluruh Indonesia. Saatnya kebaikan mengalahkan keburukan dan memberikan kedamaian untuk kita semua.

10. Selamat Hari Suci Galungan bagi sahabat dan saudaraku yang merayakan! Semoga kita semua selalu diberkahi anugerah dan kesejahteraan. 

Baca juga: Hari Suci Galungan, Ada Tradisi Ngejot yang Sarat Makna

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.