Kompas.com - 20/06/2022, 17:38 WIB

KOMPAS.com – Viral di media sosial terkait adanya video penumpang pesawat maskapai Super Air Jet yang protes karena terjadi delay (penundaan) selama tiga jam.

Dalam video yang diunggah melalui aplikasi TikTok oleh akun bernama @sumiati_erwin, tampak seorang penumpang dengan nada tinggi meminta kapten pesawat untuk segera keluar dari kokpit.

Sementara itu, lewat keterangan secara tertulis di postingan tersebut, diketahui bahwa para penumpang sudah ada di dalam pesawat selama berjam-jam, tapi pesawat tak kunjung lepas landas.

Baca juga: Super Air Jet Buka Rute Jakarta-Makassar PP, Tiket Mulai Rp 1 Juta

"Boarding jam 16.40 tapi sampai jam 19.30 (WIB) belum terbang-terbang dan kapten pilotnya tidak keluar-keluar. Bagaimana menurut Anda?" tulis @sumiati_erwin seperti dikutip Kompas.com, Minggu (19/6/2022).

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Senin (20/6/2022), video tersebut sudah ditonton sebanyak 5,2 juta kali dan disukai lebih dari 117.400 pengguna TikTok.

Terkait kejadian viral penundaan keberangkatan Super Air Jet, Kompas.com telah merangkum sejumlah fakta penting yang wajib diketahui, berikut daftarnya.

1. Direktur utama Super Air Jet buka suara

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (19/6/2022), setelah video tersebut viral, Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet Ari Azhari segera memberikan penjelasan terkait alasan penundaan keberangkatan pesawat tersebut.

Baca juga: Super Air Jet Buka Rute PP Jakarta-Solo, Hanya Rp 433.000

"(Pesawat) mengalami penundaan keberangkatan dikarenakan ada salah satu indikator pada sistem pesawat yang menunjukkan segera dilakukan pengecekan," kata Ari dalam keterangan resmi, pada Minggu (19/6/2022).

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa keputusan pilot sudah sangat tepat dengan memilih menunda keberangkatan pesawat, demi memastikan dan memenuhi standar keselamatan serta keamanan.

2. Bandara tujuan penerbangan Super Air Jet

Ari menjelaskan bahwa pesawat yang mengalami delay tersebut dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) menuju ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) pada pukul 17.10 WIB.

Baca juga: Kenapa Suhu Kabin Pesawat Dingin? Ternyata Disengaja

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.