Kompas.com - 27/06/2022, 06:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Desa Wisata Pecinan Glodok di Jakarta Barat masuk dalam kategori 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pecinan Glodok tak hanya kental budaya Tionghoa, tapi juga kolaborasi banyak etnis, seperti Sunda, Betawi, hingga Jawa, yang terbentuk selama ratusan tahun.

Baca juga: Itinerary Seharian di Glodok, Cocok Dikunjungi Saat Libur Imlek

Adapun Pecinan Glodok memiliki potensi wisata di bidang sejarah, gedung-gedung tua, kesenian, kebudayaan, dan keagamaan.

Serta, potensi wisata di bidang belanja, kesehatan, dan kuliner khas peranakan yang beragam.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam kunjungan ke Desa Wisata Pecinan Glodok, Minggu (26/06/2022).

"(Potensi) yang ditonjolkan menurut saya budaya wisata sejarah dan yang paling menarik banget nih, wisata kuliner sebetulnya,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Pecinan Glodok di Jakarta Barat, Minggu (26/6/2022). KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Pecinan Glodok di Jakarta Barat, Minggu (26/6/2022).

Ia juga menyoroti wisata kuliner dan budaya yang beragam di Pecinan Glodok.

"Jadi kalau kita lihat ada bebek goreng, ada pizza plano, ada tadi juga akulturasi budaya Tiongkok, ada barongsai, ada tari, ada wushu, ada pencak silat. Ini semua jadi kesatuan,” imbuhnya.

Baca juga: Sejarah Tradisi Patekoan di Glodok Jakarta, Berikan Teh secara Gratis

Sementara itu, Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat Iin Mutmainnah bahwa Pecinan Glodok juga bisa dijadikan lokasi streed food festival.

Namun, konsepnya masih akan digodok lebih lanjut.

"Tentu nanti akan dilakukan kajian, bagaimana lokasi yang tepat."

"Kalau lihat saat ini, memang sudah ada secara historisnya, dari dulu sampai sekarang ya di situ. Misalnya mau Kopi Es Tak Kie, sudah ada di situ, kan enggak mungkin dipindah,” kata dia.

Baca juga: 4 Aktivitas Wisata di Petak Enam Jakarta, Kulineran dan Belanja

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.