Kompas.com - 09/08/2022, 21:31 WIB

KOMPAS.com - Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang berada di Mempawah, Kalimantan Barat, akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (9/8/2022) setelah proses pembangunan yang berlangsung sejak 2016.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (9/8/2022), Direktur Utama (Dirut) Pelindo Arif Suhartono mengatakan bahwa Terminal Kijing akan menggantikan Pelabuhan Pontianak yang sudah kelebihan muatan (over capacity).

Baca juga:

"Ini adalah sebagai pengganti Pelabuhan Pontianak di mana saat ini terjadi traffic dan kelebihan kapasitas di Pontianak," tutur Afif, Selasa.

Ia melanjutkan, Pelabuhan Kijing memang didesain sebagai pengganti Pelabuhan Pontianak dan diharapkan dapat mendorong kegiatan industri di sekitar pelabuhan.

Fakta Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak

Berikut rangkuman Kompas.com terkait sejumlah fakta menarik Terminal Kijing yang berada di kawasan pelabuhan terbesar se-Kalimantan itu:

1. Berlokasi di pelabuhan terbesar Kalimantan

Terminal Kijing berada di Pelabuhan Pontianak, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Terminal Kijing, Pelabuhan Pontianak, Kabupaten Mempawah, Selasa, 9 Agustus 2022 disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsa, serta Danlantamal XII Laksma TNI Suharto.Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Terminal Kijing, Pelabuhan Pontianak, Kabupaten Mempawah, Selasa, 9 Agustus 2022 disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsa, serta Danlantamal XII Laksma TNI Suharto.

Saat meresmikan terminal ini, Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa pelabuhan tersebut merupakan yang terbesar di Kalimantan.

"Pelabuhan ini memiliki kapasitas 500.000 TEU's dan juga 8 juta yang non peti kemas. Sangat besar sekali, ini adalah pelabuhan terbesar di pulau Kalimantan," ungkap Jokowi, mengutip Kompas.com, Selasa.

Sehingga, dengan diresmikannya terminal dan pelabuhan tersebut, Jokowi berharap dapat meningkatkan daya saing dari produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh Provinsi Kalbar, seperti crude palm oil (CPO), alumina, bauksit dan produk lainnya.

Baca juga: 5 Juta Wisatawan Kunjungi Kalimantan Selatan pada Semester I 2022

Adapun Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak juga sangat dekat dengan tempat wisata menarik di Kalimantan Barat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.