Kompas.com - 10/08/2022, 07:58 WIB

KOMPAS.com - Banjir bandang melanda ibu kota Korea Selatan, Seoul, pada hari Senin (08/08/2022).

Dari laporan Kompas.com, Selasa (09/08/2022), banjir bandang tersebut disebabkan turunnya hujan deras dengan curah hujan mencapai lebih dari 100 mm per jam.

Baca juga: Banjir Korea Selatan, 8 Orang Dilaporkan Tewas

Kejadian ini menyebabkan pemadaman listrik di beberapa kota, pengungsian bagi penduduk di daerah rendah, hingga membanjiri kereta bawah tanah, apartemen, dan sejumlah area publik lainnya di Korea Selatan.

Sungai Han dan distrik Gangnam alami kerusakan

Salah satu kawasan yang merasakan kerusakan parah akibat banjir adalah daerah selatan Sungai Han.

Hari Senin sekitar pukul 20.00 waktu setempat, aliran air hujan di sekitar stasiun Gangnam tampak membanjiri jalan-jalan dan toko-toko di dekatnya, dikutip dari Korea JoongAng Daily, Selasa.

Di Persimpangan Apartemen Woosung dan Stasiun Yangjae di Distrik Seocho, air berlumpur membanjiri jalan raya dan mengubahnya menjadi sungai, sehingga para pengemudi terpaksa mengungsi lalu naik ke atas kendaraan mereka.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Belanja Serba Murah di Seoul

Bahkan, layanan kereta bawah tanah di tujuh stasiun di antara Stasiun Nodeul dan Stasiun Sapyeong yang di selatan Sungai Han, juga dihentikan sementara.

Sementara, Stasiun Gangnam menjadi salah satu daerah yang paling rentan terhadap kerusakan akibat hujan di pusat kota Seoul.

Pasalnya, stasiun tersebut berbentuk mirip seperti mangkuk dan 10 meter lebih rendah dari daerah sekitarnya, sehingga terpaksa menampung air selama hujan deras. 

Baca juga: 8 Tips Liburan ke Korea Selatan untuk Pemula, Bikin Anggaran

Banjir melanda pusat perbelanjaan di daerah Seoul

Dilansir dari Korea Herald, badai hujan terparah dalam 115 tahun ini juga membanjiri rumah sakit, pusat perbelanjaan, toko serba ada, hingga gedung perkantoran di ibu kota.

Hujan deras memicu banjir di Korea Selatan, Selasa (9/8/2022). Sejumlah wilayah seperti Gangnam, Seoul, Korea Selatan terendam banjir. AFP/Yonhap Hujan deras memicu banjir di Korea Selatan, Selasa (9/8/2022). Sejumlah wilayah seperti Gangnam, Seoul, Korea Selatan terendam banjir.

Toko-toko di Shinsegae Central City di distrik Seocho dan Gangnam yang terhubung dengan Stasiun Terminal Bus Ekspres, ikut terdampak banjir. Tangga, kursi, dan meja di luar restoran serta kafe bawah tanah semuanya terendam oleh air hujan.

“Beberapa toko di dekat terminal Terminal Bus Ekspres rusak akibat diguyur hujan tadi malam. Kami telah menutup toko-toko untuk melakukan pemeriksaan keamanan di area yang terendam banjir,” kata seorang pengelola Terminal Bus Ekspres.

Baca juga: Jelajah 3 Destinasi di Korea Selatan, Bersantai di Pulau Nami

Pada Senin pukul 21.00 waktu setempat, hujan lebat melubangi langit-langit lantai dasar IFC Seoul, sebuah kompleks perbelanjaan terkenal di Yeouido, Seoul barat.

“Kami telah memperbaiki lubang dalam semalam, dan sekarang toko kembali buka untuk menjalankan bisnis seperti biasa,” kata seorang pengelola IFC Seoul.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.