Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2022, 14:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengunjungi salah satu wisata alam di Sumatera Barat, Ngarai Sianok, bisa dilakukan menggunakan kendaraan jip.

Lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam ini merupakan salah satu wisata alam andalan di Sumatera Barat.

Baca juga:

Jaraknya lebih kurang 82 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 20 menit. 

Ngarai Sianok merupakan lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing curam dan di tengahnya dialiri dengan aliran sungai kecil, dikutip dari Kompas.com (15/01/2022).

Untuk menikmati pemandangan Ngarai Sianok, biasanya pengunjung singgah ke wisata Taman Panorama. Dari lokasi tersebut, panorama Ngarai dapat diamati dengan sempurna.

Namun, bagi yang ingin mencoba sensasi berbeda, bisa naik jip untuk melewati tantangan atau off-road di tengah Ngarai Sianok.

Baca juga: 5 Tips Keliling Ngarai Sianok di Sumatera Barat Naik Jip Offroad

Panduan naik jip di Ngarai Sianok

Harga sewa jip dan rutenya

Deretan Jip offroad saat berhenti melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Deretan Jip offroad saat berhenti melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat.

Untuk menaiki jip di Ngarai Sianok yang dikelola oleh komunitas Skin Bukittinggi, kamu bisa mengeluarkan biaya mulai Rp 300.000 untuk satu unit mobil per jam. 

Biaya Rp 300.000 ini adalah untuk tipe kendaraan jip Jimny Katana yang bisa digunakan baik untuk off-road maupun perjalanan biasa di jalan raya, dengan kapasitas hingga tiga orang penumpang. 

"Kami ada unit non-tubular, mobil off-road yang bisa dipakai jalan ke kota, masih body standar, bisa muat tamu lebih banyak jadi tiga penumpang dan satu driver. Mulai Rp 300.000 per jam," ujar pengelola Skin Bukittinggi bernama Rahmat, kepada Kompas.com, Rabu (03/08/2022). 

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

Sementara itu,jenis lainnya yaitu jip tubular adalah kendaraan mobil full besi yang biasanya digunakan untuk kompetisi. Unit ini dibanderol mulai Rp 350.000 per jam dan bisa memuat satu penumpang serta satu pengemudi. 

Berbincang dengan seorang pengemudi Jip offroad saat melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Berbincang dengan seorang pengemudi Jip offroad saat melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat.

Rahmat mengatakan, untuk rute perjalanan bisa dipesan sesuai permintaan penumpang. Namun, secara umum memang pasti melewati Ngarai Sianok untuk merasakan rintangan.

"Kami juga ada rute baru, Puncak Kabun Singgalang lalu lanjut ke Ngarai Sianok. Kira-kira dua jam perjalanan," ujar Rahmat.

Baca juga: Pengalaman Jelajahi Air Terjun Proklamator, Wisata Alam Sumatera Barat

Sementara itu, anggota komunitas Skin Bukittinggi sekaligus pemandu wisata bernama Anto memberikan saran rute, menuju ke arah Gunung Singgalang, baru berakhir di Sungai Ngarai Sianok. 

"Mulainya ke arah gunung (Singgalang) dan nantinya baru terakhir main jip di sungai Ngarai Sianok," tutur Anto. 

Baca juga: Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Padang, Ada Batu Malin Kundang

Jika ingin menikmati keindahan alam Ngarai Sianok menaiki jip, kamu bisa memesan paketnya dengan menghubungi salah satu pengelola komunitas Skin Bukittinggi, yaitu ke Rahmat melalui nomor 085274040704.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com