Kompas.com - 11/08/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Bali resmi menjadi tuan rumah acara puncak World Tourism Day ke-42 pada 27 September 2022.

"Dalam edisi ke-42 perayaan World Tourism Day, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah perayaan puncak World Tourism Day yang akan berlangsung di Bali pada 27 September 2022," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (8/8/2022).

Baca juga:

Sandiaga menambahkan, tahun ini perayaan World Tourism Day mengusung tema "Rethinking Tourism", yang mana akan dilakukan penataan ulang terhadap pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Sementara itu, menurut Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Frans Teguh, tema rethinking tourism merupakan spirit yang harus hadir di Indonesia.

"Kita sebagai tuan rumah, harus bisa sepakat dengan negara-negara lain, bahwa kita ingin menghadirkan pariwisata yang berorientasi kepada masyarakat, berkualitas dan berkelanjutan," ujar Frans.

Baca juga: Sanur Bali Bakal Jadi KEK Kesehatan dan Pusat Wisata Medis

Ilustrasi Bali.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi Bali.

Adapun dalam rangkaian perayaan World Tourism Day ke-42 ini, akan digelar pula beragam acara.

Termasuk panel diskusi dengan beragam pemangku kepentingan berkonsep “Rethinking Tourism as a Key Element on Recovery” dan “The Tourism We Want” yang dipimpin oleh perwakilan dari sektor pariwisata di Bali.

Baca juga:

Selain itu, untuk memperkaya perayaan World Tourism Day ke-42, Kemenparekraf akan mengadakan rangkaian program Road to World Tourism Day 2022 yang melibatkan stakeholder (pemangku kepentingan) pariwisata di seluruh Indonesia.

"Kita juga akan menggelar Road to World Tourism Day 2022 yang diisi dengan program-program kegiatan seperti seminar, lomba, bakti sosial, bersih sungai, dan penghijauan," ujar Sandiaga.

Baca juga: G Swing Bali Tawarkan Sensasi Berayun Setinggi 40 Meter

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.