Kompas.com - 12/08/2022, 19:29 WIB

KOMPAS.com - Hari Ulang Tahun atau HUT Ke-77 Republik Indonesia akan diperingati pada hari Rabu (17/8/2022). Biasanya pemerintah akan mengeluarkan pedoman identitas visual yang berkaitan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Beberapa bulan lalu telah beredar Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022. 

Dalam SE yang bertanggal 12 Juli 2022 tersebut, tercantum tema peringatan HUT Ke-77 RI adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". Tema itu dapat diunduh di laman setneg.go.id.

Baca juga:

Lantas, apa makna tema HUT Ke-77 RI ini?

Dilansir dari laman Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, tema itu berhubungan dengan tantangan yang telah dihadapi negara ini selama dua tahun.

Berangkat dari tantangan tersebut, pemerintah dan masyarakat pun bekerja sama untuk mempercepat pemulihan kondisi di semua sektor, sekaligus bangkit guna menghadapi tantangan global. 

Selain itu, tema tersebut juga berkaitan dengan refleksi Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 akan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang menyatukan pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi tantangan. 

"Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju," bunyi keterangan di laman itu.

Baca juga:

Kenapa Hari Kemerdekaan Indonesia memiliki tema yang berbeda?

Tema menjadi salah satu elemen penting dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.