Kompas.com - 12/08/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Pemangku dan pegiat Desa Sidareja, Purbalingga, Jawa Tengah akan menggelar event bertajuk Kesenian Jawa Purba yang berlangsung selama 21 jam penuh atau dua hari satu malam pada 20-21 Agustus 2022.

Acara ini bakal melibatkan 12 kelompok seni dengan 228 pelakon seni, yang mana hampir seluruhnya berasal dari Desa Sidareja.

Adapun penyebutan Kesenian Jawa Purba diambil dari kata Purba yang berasal dari nama kota Purbalingga itu sendiri.

Baca juga:

"Purba juga sebagai lambang penghormatan warga desa Sidareja terhadap leluhur terdahulu pada zaman Kerajaan Galuh Purba," kata ketua panitia sekaligus pegiat seni Kie Art Slamat Sentosa dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (11/8/2022).

Ia menjelaskan, sejarahnya wilayah Purbalingga termasuk dalam area kekuasaan Kerajaan Galuh Purba, yaitu pada abad ke-1 sampai dengan ke-6 Masehi.

"Di Purbalingga telah ditemukan dua prasasti dan yang membuktikan bahwa terdapat peradaban tua di sini," ujarnya.

Sedangkan konsep acara lahir dari gagasan Gita Thomdean yang juga merupakan pegiat Seni Kie Art di Sidareja.

Kesenian Jawa Purba Desa Sidareja yang akan di gelar 20–21 Agustus 2022 ini menyajikan pengalaman unik untuk kembali ke kapsul waktu suasana Jawa tempo dulu.

Baca juga: Tempat Kelahiran Jenderal Sudirman, Ternyata Ada di Purbalingga

Para pengunjung diminta untuk berpakaian ala Banyumasan atau bergaya jarit lancingan dari orang nderes (mengambil air nira) yang banyak dilakoni oleh warga desa Sidareja di masa lampau.

Rangkaian acara Kesenian Jawa Purba di Purbalingga

Event terkemas dalam tiga tahapan seni pertunjukan. Mulai dari Napak Tilas Jawa Purba dengan memperkenalkan beberapa tempat Legenda Desa seperti Petilasan Batu Peninisan dan Petilasan Batu Jaran.

Saksikan Kesenian Jawa Purba selama 21 jam penuh di Purbalingga.dokumentasi Desa Sidareja, Purbalingga, Jawa Tengah Saksikan Kesenian Jawa Purba selama 21 jam penuh di Purbalingga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.