Kompas.com - 10/08/2022, 17:05 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja, akan melaksanakan upacara detik-detik proklamasi HUT ke-77 Republik Indonesia di tengah laut Pantai Baron.

Pada upacara itu, masyarakat umum diperbolehkan ikut. Namun, mereka harus membawa perlengkapan sendiri.

"Upacara akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB. Setelah 2 tahun absen, kita kembali melaksanakan upacara di tengah laut," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: 5 Gunung Ramah Pemula di Jawa Tengah yang Pas untuk Libur 17 Agustus

Ia melanjutkan, upacara akan dilakukan dengan mengibarkan bendera di tengah laut pantai Baron.

Nantinya setelah upacara, di sekitar pantai akan ada satu orang pembawa bendera didampingi dua orang pengibar akan berenang ke tengah laut.

Adapun peserta upacara akan diikuti oleh seluruh SAR Satlinmas DIY, dan masing- masing wilayah akan mengirimkan 20 orang perwakilan.

Baca juga: Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Wisata Sambil Makan Seafood Murah

"Nantinya, yang berenang 3 orang pasukan pengibar, 17 orang di belakangnya, dan 45 orang akan menyusul," kata Marjono.

Syarat ikut upacara 17 Agustus di laut Pantai Baron

Merjono mengatakan, wisatawan boleh ikut upacara di laut. Namun, mereka harus membawa pelampung sendiri, kondisi sehat, dan yang paling utama bisa berenang.

Untuk keamanan, pihaknya menyiapkan empat perahu dan jetski SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul. Selain itu 40 an perahu nelayan akan menjaga peserta di sekitar lokasi upacara.

Suasana Pantai Baron, Gunungkidul, DI Yogyakarta Selasa (24/5/2022)Dok SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Suasana Pantai Baron, Gunungkidul, DI Yogyakarta Selasa (24/5/2022)

"Nantinya 40 an perahu nelayan akan berjaga di selatan lokasi. Untuk gelombang jika dilihat dari grafik aman," kata Marjono.

Sementara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul M Arif Aldian mengatakan pihaknya mengapresiasi upacara di tengah laut kawasan pantai Baron.

Baca juga: 18 Wisata Pantai di Jogja Wilayah Gunungkidul yang Paling Terkenal

"Kita tidak ada agenda. Namun untuk upacara di tengah laut pantai Baron, kita dukung, sebagai salah satu upaya menarik kunjungan dan pemulihan ekonomi saat pandemi," kata Arif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.