Kompas.com - 15/08/2022, 16:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mencatat lama tinggal atau length of stay (LOS) wisatawan saat pandemi masih 1,18 hari.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian menyampaikan, pada triwulan kedua tahun 2022, lama tinggal wisatawan di Kabupaten Gunungkidul hanya sekitar 0,91 per hari.

"Pada Juli 2022 ini LOS sudah naik menjadi 1,18 hari," kata Arif saat dihubungi melalui telepon, Senin (15/8/2022).

Baca juga:

Ia menjelaskan, meski kurang dari dua hari, namun hal ini dirasakan cukup baik karena melihat jumlah wisatawan yang fluktuatif.

"Sudah cukup baik mengingat pandemi Covid-19, saat ini sedang pemulihan usaha pariwisata," kata dia.

Arif melanjutkan, untuk pemulihan kunjungan wisata diperlukan waktu, sehingga lama tinggal wisatawan bisa meningkat signifikan.

"Jadi perlu waktu ya, namun kondisi ini sudah semakin membaik," tuturnya.

Baca juga: Musim Ubur-ubur Tiba, Ini 5 Tips Aman Bermain di Pantai Gunungkidul

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sebagai informasi, hingga awal bulan Agustus 2022, jumlah kunjungan di Kabupaten Gunungkidul tercatat sebanyak 2.010.266 orang.

Arif mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, dengan menggencarkan promosi hingga menggandeng pelaku wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Salah seorang pelaku wisata di Kabupaten Gunungkidul, Aditya Putratama, mengakui bahwa jumlah kunjungan wisata sudah mulai meningkat sejak pemerintah melonggarkan kunjungan beberapa waktu lalu.

Baca juga:

"Sudah mulai meningkat, ada juga yang menginap di homestay," kata Aditya yang juga pemilik persewaan alat snorkeling di Pantai Nglambor ini.

Dia berharap kunjungan meningkat pada akhir tahun, karena saat ini belum normal seperti sebelum pandemi.

"Semoga, kembali pulih seperti sediakala," kata dia.

Baca juga: Gunungkidul Kembangkan Wisata Kebugaran, Tingkatkan Kesehatan Turis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.