Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2022, 06:05 WIB
Viona Pricilla,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beragam patung Yesus berdiri menjulang di sejumlah negara di dunia. Patung Yesus Kristus ini berhubungan dengan agama Kristen dan Katolik.

Patung-patung ini umumnya berlokasi di Benua Eropa, namun ada juga di Indonesia yang tingginya hingga 45 meter.

Baca juga: Patung Yesus Tertinggi Ketiga di Dunia Ada di Brasil, Buka Tahun 2023

Lokasi tempat patung tersebut berdiri bisa menjadi wisata religi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Simak beberapa di antaranya:

Patung Yesus yang paling tinggi di dunia

1. Patung Yesus Memberkati, Tana Toraja

Patung Yesus Kristus Memberkati di TorajaHerryz/Commons.wikimedia.org Patung Yesus Kristus Memberkati di Toraja

Di kawasan Buntu Burake di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, ada Patung Yesus Memberkati yang mulai dibangun sejak Agustus 2013, kemudian diresmikan pada 2015.

Dikutip dari situs resmi Kabupaten Tana Toraja, pada tahun 2016-2019, pembangunannya dilengkapi dengan akses jalanan yang lebih lebar, sarana dan prasarana pendukung, penataan kawasan di pelatarannya, jalan-jalan setapak, dan lainnya. 

Tingginya total mencapai 45 meter, dengan pembagian bangunan bawah 23 meter dan patungnya sendiri 22 meter.

Patung Yesus di Tana Toraja ini bahkan mengalahkan patung serupa di Rio de Janeiro, dilansir  dari Tribunnews.com pada Sabtu (11/06/2022)

Baca juga: Wisata Patung Yesus di Samosir Rampung 50 Persen, Target Tuntas September 2021

2. Patung Kristus Sang Pelindung, Encantando

Patung Yesus Kristus Sang Pelindung atau Christ the Protector, Encantando, Brazil.Dok. Cristoencantado.com.br Patung Yesus Kristus Sang Pelindung atau Christ the Protector, Encantando, Brazil.

Patung berikutnya ada di Kota Encantando, Brasil. Patung bernama Christ The Protector atau Kristus Sang Pelindung ini masih terbilang baru karena rampung pada 22 April 2022, dikutip dari Smithsonianmag.com pada Kamis (12/5/2022).

Uniknya, patung ini memiliki bentuk hati di bagian dada. Hati tersebut bukan hanya sekadar corak, melainkan suatu lantai yang dapat diakses melalui lift. Bagian itu dilengkapi kaca demi keselamatan pengunjung.

Patung ini memiliki ketinggian total 43,5 meter. Menurut laman resminya, tinggi pondasinya enam meter dan patungnya sendiri 37,5 meter.

Baca juga: Bukan di Brasil, Ini Patung Yesus di Ujung Timur Saumlaki

3. Patung Kristus Penebus, Rio de Janeiro

Matahari terbit di depan patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro pada 24 Maret 2021. Christ the Redeemer merayakan hari jadinya yang ke-90 pada Oktober 2021 dan menerima pekerjaan restorasi untuk memastikan bahwa patung itu terlihat terbaik bagi publik dan pengunjung turis. AFP/CARL DE SOUZA Matahari terbit di depan patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro pada 24 Maret 2021. Christ the Redeemer merayakan hari jadinya yang ke-90 pada Oktober 2021 dan menerima pekerjaan restorasi untuk memastikan bahwa patung itu terlihat terbaik bagi publik dan pengunjung turis.

Patung Yesus Kristus yang satu ini cukup awam di telinga, dengan nama Christ the Redeemer atau Kristus Sang Penebus. Patung ini telah ada sejak tahun 1931, lantaran diresmikan pada 12 Oktober 1931.

Dilansir dari Britannica.com, patung setinggi 30 meter ini berdiri di puncak Gunung Corcovado di Rio de Janeiro, Brasil. Untuk sampai ke patung ini, pengunjung dapat menaiki eskalator dan lift yang tersedia.

Sebelumnya, pengunjung harus menaiki 200 anak tangga untuk mencapai ke patung.

Baca juga: Brasil Bangun Patung Yesus, Lebih Tinggi dari Rio de Janeiro

4. Cristo Rei, Timor Leste

Patung Cristo Rei, Dili, Timor Leste.Dok. Timorleste.tl Patung Cristo Rei, Dili, Timor Leste.

Patung Yesus Kristus yang terletak di Dili, Timor Leste, memiliki ketinggian 27 meter. Patung ini juga menjadi ikon dari Dili, dikutip dari laman resminya.

Dilansir dari Atlasobscura.com, pada tahun 1996, patung ini dibangun sebagai wujud permintaan maaf Presiden Soeharto terhadap Timor Leste setelah pendudukan selama beberapa dekade.

Konon, patung ini juga menghadap ke Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Baca juga: Presiden Timor Leste Sebut Pariwisata NTT Kelas Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com