Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Museum MACAN di Jakarta Barat menggelar pameran tunggal Chiharu Shiota: The Soul Trembles pada 26 November 2022 hingga 30 April 2023. 

Untuk diketahui, Chiharu Shiota merupakan seniman asal Jepang yang saat ini berbasis di Jerman dan telah berkarya sejak lebih dari 25 tahun.

Dalam pameran tunggal terbesarnya kali ini, terdapat sekitar 100 karya Shiota yang ditampilkan.

Baca juga:

Ia mengatakan bahwa dirinya ingin terhubung dengan para pencinta seni di Tanah Air, dan merasakan sesuatu yang berbeda dari kehidupan sehari-hari, melalui karya The Soul Trembles. 

"Saya rasa seni adalah bagian penting dari hidup kita dan saya akan merasa tersanjung jika Anda dapat melihat karya-karya saya selama 30 tahun ini dan merasakan jiwa anda tergetar," kata Shiota di Museum MACAN, Jakarta Barat, Kamis (24/11/2022). 

Dikenal dengan seri instalasi megah yang terbuat dari benang berwarna merah dan hitam yang
membentang ke segala penjuru ruangan, pengunjung akan menjumpai obyek-obyek metaforis
dan sugestif.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Museum MACAN Jakarta via Situs Web

Beberapa karya seni, di antaranya tempat tidur, saat sang perupa menghadirkan celah sempit antara mimpi dan realita, kehidupan dan kematian.

Ada pula pakaian yang bersifat dangkal dan hanya berfungsi untuk melapisi kulit; serta koper dan perahu yang menjadi simbol pergerakan dan ketidakpastian.

Tips ke pameran The Soul Trembles di Museum MACAN

Jika sudah tak sabar ingin berkunjung, simak dulu beberapa tips kunjungan ke The Soul Trembles, agar kunjunganmu menjadi semakin lancar dan nyaman:

1. Dilarang memotret area tata panggung

Pameran The Soul Trembles berada dalam satu area luas di satu lantai yaitu Level M, AKR Tower, Jalan Panjang nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Di area pameran yang luas, pengunjung bisa menikmati karya-karya Shiota, mulai dari lukisan, instalasi, patung, video performance, hingga desain tata panggung.

In Silence, salah satu instalasi dalam pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles di Museum MACAN, 26 November - 30 April 2023. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI In Silence, salah satu instalasi dalam pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles di Museum MACAN, 26 November - 30 April 2023.

Khusus yang terakhir, tata panggung memiliki area sendiri yang tidak bisa didokumentasikan. Ruangan ini memiliki warna gelap dan akan ada penjaga museum yang menginformasikan aturan ini kepada pengunjung. 

Baca juga: Pameran The Soul Trembles Karya Chiharu Shiota Hadir di Museum MACAN, Mulai 26 November 2022

"Untuk area tata panggung tidak boleh difoto maupun divideokan, ya, karena terkait dengan hak cipta," ujar Asisten Kurator Museum MACAN Asri Winata. 

Meski demikian, tidak perlu khawatir karena masih sangat banyak karya lainnya yang bisa kamu ambil gambarnya, baik foto maupun video. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+