Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 06:05 WIB

KOMPAS.com - Kejadian pada masa depan tidak bisa diprediksi. Sama seperti rencana liburan atau bepergian lainnya, bisa tiba-tiba batal karena disebabkan oleh suatu kendala, misalnya karena sakit atau kecelakaan. 

Kendala tersebut mau tidak mau membuat kita harus membatalkan seluruh rencana, termasuk transportasi yang sudah dipesan sebelumnya. Namun, rasanya sayang jika tiket pesawat hangus begitu saja karena tidak terpakai. 

Baca juga: Cara Check-In Pesawat Online Maskapai Lion Air Group

Jika sudah begitu, solusinya adalah membatalkan tiket pesawat dan mengajukan refund (pengembalian dana) ke maskapai. Berikut informasi lengkapnya.

Cara refund karena pembatalan tiket

Perlu diketahui, refund tidak bisa dilakukan dari bandara tempat keberangkatan. Semua proses hanya bisa dilakukan melalui call center maupun kantor perwakilan maskapai masing-masing.

Adapun jika membeli lewat agen tiket online, kamu bisa meminta bantuan layanan pelanggan (customer service) agen tersebut untuk mengurus refund ke maskapai, sehingga kamu tak perlu lagi mengurusnya sendiri.

Baca juga: Cara Check-In Pesawat Online Maskapai Lion Air Group

Sebagai informasi, kamu tidak bisa mendapatkan 100 persen pengembalian dari harga tiket pesawat, karena akan dipotong beberapa biaya dari maskapai.

Pengembalian 100 persen uang seharga tiket pesawat bisa terjadi jika pembatalan penerbangan dilakukan oleh maskapai penerbangan.

Namun, jika kamu yang ingin membatalkan sendiri tiket pesawat karena alasan pribadi, kamu harus mengikuti aturan setiap maskapai.

Aturan pembatalan tiket dari penumpang dipengaruhi sejumlah faktor, seperti berapa jam jarak pembatalan dengan waktu keberangkatan dan kelas tiket yang kita miliki, seperti dikutip dari situs pemesanan tiket online pergi dot com.

Baca juga: Ketinggalan Pesawat Lion Air Group Bisa Refund Tiket, Ini Caranya

Ketentuan refund Lion Air Group karena batalkan tiket

Bagaimana ketentuan dan syarat refund dari Lion Air Group karena membatalkan tiket? Berikut informasi dari admin Instagram @lionairgroup saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/12/2022). 

Ketentuan pembatalan perjalanan dan pengembalian dana tiket, diatur di dalam Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No 185 Twhun 2015 dan kemudian diperbaharui dengan PM No 30 Tahun 2021.

Baca juga: Aturan Bagasi Pesawat Lion Air Tahun 2022, Cek Sebelum Terbang

Berdasarkan ketetapan tersebut, Lion Air group (Lion Air, Wings Air, dan Batik Air) menerapkan ketentuan refund untuk tiket yang dibatalkan oleh calon penumpang, sebagai berikut:

  • Pembatalan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, penalti berupa refund fee 25 persen dari harga dasar. 
  • Pembatalan 72 hingga 4 jam sebelum keberangkatan, penalti berupa refund fee 50 persen dari harga dasar.
  • Pembatalan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, penalti berupa refund fee 90 persen dari harga dasar.

Untuk ketiga skema tersebut, maskapai penerbangan akan mengembalikan Airport Tax, PPN, dan Iuran Wajib Jasa Raharja kepada penumpang. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+