Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2023, 21:24 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terowongan Silaturahmi penghubung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta Pusat akan segera dibuka untuk umum.

"Terowongan rencananya dibuka untuk umum, jadi tidak ada batasan," kata Wakil Kepala Bidang Riayah-Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Her Pramtama (Temy) saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (27/1/2023).

Baca juga:

Awalnya Kata Temy, peresmian Terowongan Silaturahmi ini akan dilakukan pada Rabu (22/2/2023), bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Masjid Istiqlal ke-45.

Sebab, secara fisik, konstruksi terowongan sudah diselesaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Memang kalau secara fisik, Terowongan Silaturahmi ini sudah selesai dilakukan oleh Kemen-PUPR sebagai pelaksana atas arahan Bapak Presiden," ujarnya.

Baca juga: Mesut Oezil di Indonesia, Ingin Salat Jumat di Masjid Istiqlal

Terowongan silaturahmi yang memfasilitasi ruang parkir bagi jamaah Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta.Dok. Kementerian PUPR. Terowongan silaturahmi yang memfasilitasi ruang parkir bagi jamaah Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta.

Namun, Imam Besar Masjid Istiqlal bersama Kardinal Gereja Katedral Jakarta sepakat untuk melengkapi terowongan itu dengan sebuah karya seni yang menggambarkan kerukunan umat beragama.

"Bapak Imam Besar bersama Kardinal sepakat untuk melengkapi Terowongan Silaturahmi ini dengan karya seni dan narasi sehingga terowongan ini tidak terkesan hanya sebagai lorong bawah tanah saja, tapi ada pesan-pesan yang bisa disampaikan kepada publik, sebagai simbol keragaman di Indonesia," jelasnya.

Baca juga:

Adapun karya seni yang dimaksud masih dalam proses pengerjaan di Kota Bandung, Jawa Barat, dari seniman bernama Sunaryo dan Aditya Novali.

"Sekarang dalam tahap pembuatan artwork-nya, jadi kalau Februari dijadwalkan untuk peresmian, belum selesai karya seninya, jadi pembukaan akan menunggu selesainya karya seni," ujar Temy.

Baca juga: Serba-serbi Jelang Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Jemaat Bisa Parkir di Masjid Istiqlal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com