Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tidak Berlakukan Biaya Masuk Turis Asing seperti Thailand

Kompas.com - 21/02/2023, 05:47 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan, Indonesia tidak akan menerapkan biaya tambahan untuk wisatawan mancanegara (wisman), seperti Thailand.

"Kita enggak ada wacana itu, per hari ini kita tidak mempertimbangkan atau membebankan biaya tambahan untuk wisatawan (mancanegara) datang ke Indonesia," ucap Menparekraf dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (20/2/2023).

Baca juga:

Justru, kata dia, kini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah berfokus untuk memberi layanan terbaik kepada wisatawan melalui sejumlah upaya.

"Yang jelas justru kita sekarang lagi melihat bagaimana memberikan layanan yang berkualitas, quality and sustainability focused kepada wisatawan," tuturnya.

Upaya tersebut termasuk meningkatkan pembangunan lima Destinasi Super Prioritas (DSP), seperti Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Baca juga: Indonesia Tutup 2022 dengan Nyaris 5,5 Juta Kunjungan Turis Asing

"Pembangunan destinasi super prioritas kita akan tingkatkan dulu demand-nya (permintaan), Borobudur, Lake Toba ada event-nya (acaranya) F1 Powerboat, juga Labuan Bajo ada ASEAN Summit, Mandalika ada MotoGP dan Likupang akan ada beberapa festival di Likupang, ini sedang kita kembangkan," terang Menparekraf.

Ilustrasi wisatawan di Thailand
PEXELS/JAVON SWABY Ilustrasi wisatawan di Thailand

Sebelumnya, Pemerintah Thailand berencana akan memungut biaya tambahan sebesar 300 baht atau mulai Rp 133.000 dari wisatawan asing mulai Juni 2023.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (12/1/2023), biaya tersebut rencananya akan digunakan untuk pembangunan destinasi wisata dan biaya wisatawan asing yang mengalami kecelakaan.

Baca juga:

Pengajuan biaya wisatawan asing di Thailand ini sudah dilakukan sejak tahun lalu dan dilaporkan sedang menunggu persetujuan kabinet untuk penerapannya.

"Biaya ini tidak akan dikenakan untuk orang asing dengan izin kerja dan melewati perbatasan," ujar Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand,Phiphat Ratchakitprakarn, Kamis (12/1/2023).

Baca juga: Kenapa Thailand Disebut Negeri Gajah Putih?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com