Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2023, 11:39 WIB
Hadi Maulana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Tarif kapal penumpang dan perintis PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan mengalami kenaikan hingga 100 persen mulai awal Juli 2023, tepatnya Sabtu (1/7/2023).

"Kalau tidak ada halangan, 1 Juli 2023 dilakukan penyesuaian tarif yang berkaitan dengan skema public service obligation (PSO) atau subsidi untuk kapal penumpang dan perintis," kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Yahya Kuncoro kepada Kompas.com, Sabtu (3/6/2023).

Baca juga:

Penyesuaian tarif tersebut, lanjutnya, nantinya akan mengalami kenaikan hingga 23 persen untuk kapal penumpang dan hingga 100 persen untuk kapal perintis.

"Harga tiket kapal perintis sudah hampir 20 tahun tidak mengalami penyesuaian," tutur Yahya.

Saat ini tarif lama kapal pelni masih berlaku

Sebanyak 976 penumpang KM Kelud tiba di Terminal Pelabuhan Bandar Deli Belawan pada Senin (18/4/2022) siang dari Batam, Tanjung Balai Karimun serta Tanjung Priok. Jumlah kedatangan penumpang diperkirakan akan terjadi lonjakan saat mendekati lebaran.KOMPAS.COM/DEWANTORO Sebanyak 976 penumpang KM Kelud tiba di Terminal Pelabuhan Bandar Deli Belawan pada Senin (18/4/2022) siang dari Batam, Tanjung Balai Karimun serta Tanjung Priok. Jumlah kedatangan penumpang diperkirakan akan terjadi lonjakan saat mendekati lebaran.

Sementara itu, kepala Cabang Pelni Batam T Muhammad Iqbal membenarkan akan adanya penyesuaian tarif tersebut.

Iqbal menyampaikan, sampai saat ini tiket kapal Pelni, khususnya KM Kelud, masih menggunakan tarif lama dan belum ada perubahan.

Baca juga:

"Sampai saat ini masih harga lama, kami masih menunggu instruksi dari pusat, lagian 1 Juli 2023 kan masih satu bulan lagi," tutur Iqbal.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengumumkan ke masyarakat bila sudah ada keputusan dari pusat. Sejauh ini pihaknya masih menerapkan tarif lama.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com