Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2023, 06:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berlibur ke Yogyakarta tentu belum lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Kota Gudeg. Jika mencari tempat berburu buah tangan, kamu bisa datang ke salah satu pusat perbelanjaan bernama Teras Malioboro. 

Teras Malioboro merupakan wajah baru atau hasil penataan dari area belanja pedagang kaki lima (PKL) yang semula bertempat di sepanjang Jalan Malioboro. 

Baca juga:

"Yang dijual sama seperti yang dulu ada di jalanan Malioboro. Tas, baju, pernak-pernik, makanan juga ada," kata Komandan Keamanan Teras Malioboro 1, Andriyanto atau akrab dipanggil Andri, di lokasi, Jumat (13/10/2023).

Teras Malioboro 1 berada di bekas Gedung Bioskop Indra atau sisi selatan sebelah barat Jalan Malioboro, tepat di seberang Pasar Beringharjo. Alamat lengkapnya di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut petugas keamanan setempat, Teras Malioboro 1 buka pukul 06.00 WIB-23.00 WIB untuk kuliner, dan pukul 08.00 WIB-23.00 WIB untuk produk.

Aneka oleh-oleh di Teras Malioboro

Bagian dalam Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Bagian dalam Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).

Terdapat sekitar 888 kios PKL di Teras Malioboro 1. Kios-kios tersebut tersebar di bangunan tiga lantai bergaya industrial ini.

Dengan berbelanja di Teras Malioboro, pengunjung akan lebih mudah menemukan oleh-oleh khas Yogyakarta yang sudah dikelompokkan di satu area.

Harganya pun sama dengan PKL yang sebelumnya di jalanan, bahkan bisa lebih murah jika pengunjung berhasil melakukan tawar-menawar dengan pedagang. 

Baca juga: Belanja Oleh-oleh Khas Yogya di Teras Malioboro 1, Banyak Pilihan

Lantas, apa saja yang bisa dibeli di Teras Malioboro?

Dari papan informasi tertulis, lantai satumerupakan area kios baju lurik, belangkon, aksesori dan perhiasan, kacamata, topi, sandal, dan kerajinan kulit. 

Lalu lantai dua berisi aneka baju dan celana batik, tas rajut, tas canvas, pigura, batu mulia, dan korek gas.

Adapun lantai tiga berisi kios kaus oblong, kaus bordir Jogja, dan oleh-oleh camilan khas Yogyakarta, mulai dari bakpia basah, bakpia kukus, geplak, pis susu, yangko, dodol, hingga coklat.

Baca juga: 6 Tips Belanja Oleh-oleh Yogya di Teras Malioboro 1, Bawa Uang Tunai

Halaman Berikutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com