Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2020, 16:24 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Jepang, All Nippon Airways atau ANA memperbarui kebijakan refund dan ubah jadwal penerbangan per hari ini, Selasa (17/3/2020).

Digital & Marketing ANA Jakarta Christian Bradley Pardede memberikan penjelasan sejumlah informasi terbaru dari ANA.

Baca juga: Cara Ubah Jadwal dan Refund Tiket All Nippon Airways terkait Wabah Virus Corona

"Penerbangan dari dan ke Jepang yang dapat di-refund atau di-reschedule tanpa biaya adalah tiket yang diterbitkan sebelum tanggal 28 Februari 2020 dan tiket dengan keberangkatan dari 28 Februari 2020 hingga 30 April 2020," kata Christian saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Terkait Corona, Ini Alasan Maskapai Penerbangan Jepang Berterimakasih kepada Penumpang

Selain itu, untuk penumpang yang punya tiket keberangkatan di atas tanggal 30 April 2020 disarankan untuk tetap mengikuti update melalui situs ANA di www. ana.co.jp

Wisatawan menikmati suasana di Noboribetsu Date Jidaimura, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Selasa (12/2/2019). Noboribetsu Date Jidaimura adalah sebuah area perkampungan yang dibuat mirip dan serupa seperti zaman Edo. Di sana terdapat permainan tradisional, aktivitas, teater serta street performance yang siap menghibur para wisatawan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati suasana di Noboribetsu Date Jidaimura, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Selasa (12/2/2019). Noboribetsu Date Jidaimura adalah sebuah area perkampungan yang dibuat mirip dan serupa seperti zaman Edo. Di sana terdapat permainan tradisional, aktivitas, teater serta street performance yang siap menghibur para wisatawan.

Terkait reschedule jadwal penerbangan, Christian menjelaskan bahwa penumpang bisa mengubah hingga keberangkatan 30 Juni 2020 dan hanya berlaku satu kali jika sudah diubah.

Baca juga: Daftar 37 Negara Bebas Visa untuk WNI, Khusus Jepang Bebas Visa Bersyarat

Adapun kebijakan reschedule dan refund hanya berlaku untuk tiket dengan nomor yang diawali "205".

Sementara itu, untuk penumpang yang membeli tiket melalui biro perjalanan wisata, baik konvensional maupun online bisa memproses perubahan jadwal atau pengembalian uang tiket ke biro perjalanan masing-masing dan mengikuti kebijakan masing-masing.

Ghibli Museum di Jepang.shutterstock.com/cowardlion Ghibli Museum di Jepang.

Lebih lanjut, tiket yang dapat dikembalikan uangnya melalui situs ANA hanya akan dilayani bagi penumpang yang membeli tiket pada laman tersebut, customer service center, dan ANA reservation center.

Sebelumnya, maskapai penerbangan asal Jepang ini memberikan beberapa kebijakan refund dan reschedule tiket bagi penumpangnya.

Kebijakan tersebut dikeluarkan sehubungan dengan adanya wabah virus corona ( Covid-19 ) di berbagai belahan dunia.

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com