Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Pura Mangkunegaran Naik 2 Kali Lipat Selama Libur Sekolah

Kompas.com - 09/07/2023, 16:40 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pura Mangkunegaran Solo mencatat kenaikan pengunjung hingga dua kali lipat pada periode libur panjang sekolah Juni-Juli 2023.

Dikutip dari Antara, jika pada hari biasanya pengunjung berkisar 200-300 orang, pada musim liburan naik menjadi sekitar 700 orang per hari. 

"Ada peningkatan cukup signifikan jumlah wisatawan baik di Pracima Tuin maupun area pariwisata. Satu hari bisa mencapai 700-an pengunjung," kata KGPAA Mangkunegara X di Solo, Sabtu (8/7/2023).

 Baca juga: 6 Aktivitas Wisata di Pura Mangkunegaran, Tempat Resepsi Kaesang-Erina

Adapun di kompleks Pura Mangkunegaran, pengunjung bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti mengunjungi museum, perpustakaan, melihat arsitektur Jawa di sana, serta menyaksikan latihan tari dan gamelan, seperti dikutip dari Kompas.com (11/12/2023).

Ia menambahkan, semakin banyaknya kegiatan dan destinasi di Solo turut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat semakin banyak wisatawan mengunjungi Solo, yang pada akhirnya berdampak pula pada kunjungan ke Pura Mangkunegaran.

Di samping itu, transportasi publik yang tersedia juga kian memudahkan akses wisatawan untuk mencapai sejumlah destinasi.

"Jadi bisa saling menunjang satu sama lain," katanya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya, Ada Tempat Baru yang Hits

Hal baru di Pura Mangkunegaran

Terkait dengan perkembangan revitalisasi Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X mengatakan masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan.

Namun, ia mengatakan tahun ini akan adab beberapa hal baru yang dihadirkan untuk mendongkrak kunjungan ke destinasi wisata sejarah tersebut.

Baca juga: Sejarah Stasiun Balapan Kota Solo, Dulu Arena Balapan Kuda

Termasuk kegiatan seperti pameran. 

"Tahun ini ada beberapa hal baru yang kami lakukan, seperti penyelenggaraan pameran, event di Mangkunegaran kami kembangkan, pelatihan (workshop). Dampaknya pasti akan besar," ucapnya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com